Gaji Pas-pasan, Pilih Asuransi atau Investasi? | Qerja

Gaji Pas-pasan, Pilih Asuransi atau Investasi?

Eka Utami, 2 years ago
Gaji Pas-pasan, Pilih Asuransi atau Investasi?

Setiap kali mendapat gaji, kita akan mencoba bijak untuk memanfaatkannya. Pertama, kita akan menggunakannya untuk membayar kewajiban, dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sisa uang yang masih ada di dalam rekening akan kita gunakan untuk keperluan di masa mendatang. Sebagian orang akan membiarkannya di dalam rekening.

Sementara sebagian lainnya memindahkan uang tersebut ke dalam rekening khusus tabungan. Tapi, apakah menabung saja cukup? Belum tentu.

Untuk menjamin kesehatan keuangan sekarang dan di masa mendatang, maka kita perlu produk keuangan lain seperti asuransi dan investasi. Tapi, jika penghasilan bulanan tidak terlalu besar dan sudah hampir habis untuk pos kebutuhan sehari-hari, cicilan, tabungan, dan sebagainya, maka kita harus memilih. Produk keuangan mana yang perlu didahulukan? Asuransi atau investasi?

Asuransi

Menurut situs Cermati, fungsi dari asuransi adalah mendapat perlindungan terhadap seseorang atau keluarganya dalam hal finansial dari risiko yang datangnya secara tiba-tiba. Asuransi melindungi pendapatan yang telah kita hasilkan dengan bekerja selama ini. Dengan memiliki asurasi, maka kita tidak perlu menguras tabungan ketika terjadi hal tak terduga pada diri sendiri di masa mendatang, karena asuransi akan menanggungnya.

Berdasarkan situs Dollars and Sense, bagi karyawan muda yang baru memasuki dunia kerja, kesehatan adalah aset yang berharga. Dengan kesehatan yang baik, maka Anda bisa bekerja dengan optimal. Maka asuransi yang paling dibutuhkan pertama kali adalah untuk perlindungan kesehatan.

Seiring perjalanan hidup, kebutuhan asuransi Anda akan berubah. Misalnya, setelah Anda menikah dan punya anak, mungkin membutuhkan asuransi kesehatan yang akan menanggung biaya untuk satu keluarga.

Belum lagi jika Anda memiliki aset barang berharga lainnya seperti rumah dan kendaraan, maka memerlukan asuransi juga. Jadi, selama jangka waktu tertentu, Anda perlu meninjau asuransi yang Anda miliki. Apakah Asuransi sudah bisa melindungi seluruh aset Anda sekarang?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next