Gaji Pas-pasan, Pilih Asuransi atau Investasi? | Page 2 | Qerja

Gaji Pas-pasan, Pilih Asuransi atau Investasi?

Eka Utami, 2 years ago
Gaji Pas-pasan, Pilih Asuransi atau Investasi?

Investasi

Situs Cermati juga menjelaskan tentang investasi yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang agar daya beli yang dimiliki oleh seseorang tidak habis terkuras oleh inflasi. Saat menaruh sejumlah dana pada produk investasi, niat kita adalah menumbuhkan nilai uang di masa depan.

Biasanya, kita ingin mengembangkan aset karena memiliki tujuan keuangan tertentu, misalnya untuk kebutuhan dana pendidikan, persiapan menikah, dan lain sebagainya. Maka, Anda perlu memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan keuangan. Beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan antara lain reksa dana, obligasi, atau saham.

Jadi, pilih asuransi atau investasi?

Jika hanya memiliki asuransi tanpa investasi, maka kita hanya bergantung pada pendapatan bulanan. Ketika kita berhenti dari pekerjaan atau pensiun, maka akan kehilangan sumber penghasilan. Kita hanya punya perlindungan jika peristiwa tak terduga benar-benar terjadi.

Sementara, jika hanya punya investasi, maka kita tak terlindungi dari kejadian tak terduga yang mungkin terjadi selama bekerja dan bisa menyebabkan tidak bisa mencari uang lagi. Uang yang kita investasikan beserta imbal hasilnya mungkin masih belum cukup untuk melindungi risiko keuangan yang dihadapi bila terjadi pertiwa tak terduga.

Jadi, asuransi dan investasi memang merupakan aspek keuangan pribadi yang sama pentingnya. Tapi, jika punya dana terbatas, maka Anda lebih disarankan melengkapi perlindungan finansial dengan asuransi.

Alasannya, tanpa asuransi, Anda akan berisiko kehilangan sumber pendapatan jika terjadi hal yang tidak diinginkan selama bekerja. Kalau tidak punya penghasilan, bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan hidup dan punya uang lebih untuk investasi? Namun, ketika keadaan keuangan Anda membaik di kemudian hari, maka baru bisa memulai investasi. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next