Perhatikan Pos Pengeluaran ini Agar Gaji Anda Tidak Cepat Habis | Qerja

Perhatikan Pos Pengeluaran ini Agar Gaji Anda Tidak Cepat Habis

Eka Utami, 3 years ago
Perhatikan Pos Pengeluaran ini Agar Gaji Anda Tidak Cepat Habis

Setiap kali membuat anggaran belanja bulanan, Anda selalu merasa gaji sebulan hampir tidak cukup untuk membiayai semua kebutuhan. Ketika mencoba menghemat beberapa pengeluaran, Anda merasa kebingungan mencoret atau mengurangi biaya di salah satu pos. Anda merasa pos pengeluaran tersebut penting untuk menunjang kebutuhan hidup. Tunggu. Jadi, sebenarnya selama ini Anda benar-benar membiayai kebutuhan hidup atau gaya hidup?

Maka, mulai sekarang coba cek lagi pengeluaran yang penting untuk kehidupan Anda. Berikut beberapa  pos yang perlu diperhatikan agar gaji Anda tidak cepat habis seperti disarikan dari situs US News.

Tagihan listrik

Listrik adalah salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan. Anda menggunakan listrik untuk penerangan, memasak, mendinginkan ruangan, menyetrika, dan lain sebagainya. Jadi, tagihan listrik tidak mungkin dicoret dari pos pengeluaran bulanan.

Masalahnya, apakah selama ini Anda sudah menggunakan listrik dengan bijak? Apakah Anda benar-benar membayar tagihan sesuai dengan kebutuhan? Ataukah, Anda selalu membayar tagihan listrik yang cukup besar karena kebiasaan buruk diri sendiri?

Kalau saja Anda bisa menghemat penggunaan listrik, maka tagihan listrik bisa berkurang. Berdasarkan situs Cermati, ada tips menghemat listrik yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa tips yang bisa Anda ikuti antara lain mencabut kabel alat listrik dari saklar saat tidak digunakan, menggunakan AC sesuai kebutuhan, memadamkan lampu di ruangan yang tidak dipakai, dan mematikan alat elektronik saat tidur.

Transportasi

Jika Anda tinggal di kota, maka bisa menggunakan transportasi umum umntuk bepergian. Kebiasaan ini akan membantu mengurangi biaya bahan bakar. Sementara jika memiliki dan mengendarai kendaraan sendiri, maka Anda harus membayar asuransi, perawatan kendaraan, dan ongkos parkir.

Makan di luar

Makan di luar rumah pasti membutuhkan biaya yang lebih besar daripada makan makanan yang dimasak di rumah. Jika Anda memang berniat berhemat, tapi benci memasak, cobalah paksakan diri ke dapur dan mencoba resep yang mudah. Kalau bisa, hindari makan makanan siap saji setiap jam makan siang di kantor. Anda bisa berusaha menyiapkan makan siang selama seminggu pada akhir pekan. Siapkan bahan-bahan makanan itu pada hari Minggu, tempatkan pada wadah terpisah, lalu simpan di lemari pendingin. Jadi, meski sibuk, Anda tetap bisa membawa bekal makan siang setiap hari.

Kopi

Mungkin Anda adalah salah satu pecinta kopi. Anda membutuhkan minuman berkafein ini setiap pagi untuk membangkitkan semangat kerja. Maka, Anda tak keberatan mengeluarkan uang Rp 30-50 ribu setiap hari untuk menyeruput kopi pagi sebelum bekerja. Kalau mau, Anda sebenarnya bisa membeli mesin kopi sendiri untuk menyeduh kopi kesukaan. Memang, investasi yang Anda keluarkan di awal cukup besar. Namun, Anda akan merasakan penurunan pengeluaran bulanan di masa mendatang.

Hiburan

Demi keseimbangan kehidupan dan pekerjaan, Anda membutuhkan hiburan untuk memanjakan diri sendiri. Salah satu jenis hiburan yang bisa Anda pilih adalah menonton film di bioskop. Tapi, jika Anda pergi ke gedung bioskop setiap akhir pekan untuk menonton ditemani pop corn dan minuman bersoda, tentu saja akan menyebabkan “kantong bolong”. Padahal, Anda tetap bisa saja menikmati film dengan cara lain. Misalnya, dengan meminjam film dan menontonnya di rumah atau memilih hari di mana Anda bisa mendapat tiket nonton lebih murah. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next