Kebiasaan Sederhana Agar Mencapai Keseimbangan Kehidupan dan Pekerjaan | Qerja

Kebiasaan Sederhana Agar Mencapai Keseimbangan Kehidupan dan Pekerjaan

Eka Utami, 8 months ago
Kebiasaan Sederhana Agar Mencapai Keseimbangan Kehidupan dan Pekerjaan

Semua pekerja ingin merasakan kebahagiaan kehidupan dan pekerjaan. Apakah Anda seorang pengusaha, pemimpin bisnis, manajer tingkat menengah, atau karyawan entry level, harus menemukan cara untuk mencapai keseimbangan tersebut. Ketika sudah menemukan trik untuk memanjakan diri di sela jam kerja yang sibuk, maka jadikan itu kebiasaan. Namun, bila belum tahu hal yang harus dilakukan untuk menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan, berikut inspirasi kebiasaan sederhana gar kehidupan personal dan profesional Anda lebih baik seperti disarikan dari situs Inc.

Mendengarkan orang lain dan membantu sebisa mungkin

Saat berbicara dengan orang lain, maka Anda harus mendengarkan dan memerhatikan ucapan mereka dengan baik. Tangkap inti pembicaraan tersebut. Lalu, akhiri percakapan dengan kata-kata: “Bagaimana saya bisa membantu Anda?” Anda hanya bisa membantu seseorang jika mendengarkannya dengan baik.

Menuliskan keluhan orang lain agar Anda bisa membantu

Saat mendengarkan rekan kerja yang mencurahkan isi hati dan mengeluh tentang pekerjaan, Anda bisa menuliskannya. Terutama jika Anda memiliki ingatan yang pendek. Menulis bisa membantu mengingat tentang inti pembicaraan tersebut. Tapi, jangan sampai terlalu lama melepaskan kontak mata dari lawan bicara Anda. Setelah menuliskan catatan, Anda jadi tahu hal apa yang dilakukan dan bertindak dengan cara yang tepat.

“Merangkul’ pembenci

Mungkin Anda menyadari bahwa ada seseorang di kantor yang tidak suka akan kehadiran Anda. Ia membenci kesuksesan yang Anda raih. Maka, dia bersikap acuh pada Anda atau menyerang pada saat rapat. Biasakan diri untuk tidak langsung marah atas hal yang menjengkelkan. Anda bisa menanggapi pembenci dengan cara yang lebih santun. Misalnya, ketika ia dengan sengaja menyampaikan bantahan atas presentasi Anda di ruang rapat, maka jawab kritikannya dengan fakta dan data.

Menjaga hubungan dengan orang yang penting untuk Anda

Jika Anda pernah mengenal seorang rekan kerja yang baik, manajer yang mengayomi, atau teman lama di bangku kuliah, sesekali sapa mereka. Anda bisa menelepon atau mengirim pesan singkat pada mereka. Kolega akan menghargai upaya Anda untuk menjaga hubungan bisnis yang pernah terjalin di masa lalu.

Memertahankan komitmen



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next