Investasi Tanah atau Rumah: Mana yang Lebih Menguntungkan? | Page 2 | Qerja

Investasi Tanah atau Rumah: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Eka Utami, 2 years ago
Investasi Tanah atau Rumah: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Sambil menunggu masa lima tahun hingga harga tanah meningkat, maka Anda bisa memanfaatkan aset tersebut untuk bisnis lain. Salah satu pilihannya adalah bisnis perkebunan yang dijalankan oleh orang yang Anda tunjuk untuk menjaga tanah tersebut. Selain itu, jika tanah Anda dekat dengan sekolah atau kompleks perkantoran, maka bisa memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat parkir.

Rumah

Bisa ditempati

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang memutuskan membeli rumah. Ada orang yang memang ingin membeli rumah untuk tempat tinggal. Namun, ada pula orang yang membeli rumah kedua atau ketiga sebagai investasi. Rumah yang dibeli sebagai investasi bisa saja disiapkan untuk tempat tinggal anak cucu nanti. Selain itu, Peroperti ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis lain. Misalnya, sebagai gudang untuk pengusaha kecil, atau dikontrakan kepada orang lain.

Mudah dijual kembali

Kebanyakan orang Indonesia masih suka tinggal di rumah yang langsung berdiri di atas tanah, bukan apartemen. Aset properti berupa rumah relatif lebih mudah dijual kembali. Jadi, jika Anda membutuhkan dana besar, maka bisa menjual rumah atau diagunkan ke bank. Berdasarkan catatan KreditGogo kenaikan harga rumah per tahunnya berkisar antara 15-20 persen.

Biaya perawatan besar

Salah satu catatan besar yang perlu Anda pertimbangkan untuk membeli rumah adalah biaya perawatan yang besar. Anda bisa saja menemukan masalah pada bangunan setiap hari. Mulai dari cat mengelupas, hama rayap, genteng bocor, dan sebagainya. Jika tidak segera diperbaiki, maka harga rumah Anda bisa menurun. Selain itu, jika Anda memiliki rumah di area kompleks perumahan, maka harus mengeluarkan biaya lain seperti iuran keamanan dan kebersihan.

Apa pun pilihan investasi properti Anda, sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Jika belum berkeluarga, sudah punya tempat tinggal, dan ingin menambah aset investasi, Anda akan memiliki opsi investasi lebih banyak. Anda boleh memilih tanah atau rumah. Namun, bila Anda sudah berkeluarga, hanya memiliki dana terbatas, dan butuh tempat tinggal, tentu ivestasi rumah adalah pilihan yang tepat. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next