Mengenal Saham, Obligasi dan Reksa Dana Sebagai Pilihan Investasi | Qerja

Mengenal Saham, Obligasi dan Reksa Dana Sebagai Pilihan Investasi

Eka Utami, 1 year ago
Mengenal Saham, Obligasi dan Reksa Dana Sebagai Pilihan Investasi

Sebagian orang menganggap investasi di pasar modal sulit dimengerti. Ada pula orang yang salah kaprah dan menganggap investasi di pasar modal pasti membutuhkan dana besar. Hal ini karena keterbatasan pengetahuan tentang pasar modal. Orang awam lebih mudah memahami investasi pada instrumen emas atau properti.

Padahal, instrumen investasi di pasar modal bisa jadi pilihan menarik menanamkan dana Anda untuk berbagai tujuan keuangan. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk mengenal berbagai produk investasi pasar modal berikut ini.

Saham

Pada situs Bursa Efek Indonesia (BEI), saham didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Bagi perusahaan, saham merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan pendanaan. Sementara untuk investor, saham merupakan instrumen investasi yang dipilih karena mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

Dengan memiliki saham, investor akan mendapat keuntungan berupa dividen, yaitu pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Selain itu, investor juga bisa menuai untuk dari capital gain yang merupakan selisih antara harga beli dan harga jual.

Pada blog Duitpintar dijelaskan dua jenis saham. Pertama, saham biasa berupa surat berharga yang berfungsi sebagai bukti pemilikan satu perusahaan. Pemilik saham biasa dapat menerima dividen serta bersedia menanggung risiko kerugian perusahaan. Selain itu, ada pula saham preferen surat berharga yang membuktikan pemiliknya memiliki hak lebih dari pemegang saham biasa sehingga berhak didahulukan saat pembagian dividen.

Obligasi

Berdasarkan situs Bursa Efek Indonesia (BEI), obligasi merupakan surat utang jangka menengah-panjang yang dapat dipindahtangankan yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut. Singkat kata, jika Anda membeli obligasi, berarti meminjamkan uang pada perusahaan atau pemerintah. Kemudian instansi tersebut akan mengembalikan modal dan bunga atas pinjaman yang telah Anda berikan.

Menurut catatan Cermati, ada tiga jenis obligasi berdasarkan penerbitnya. Pertama, Corporate Bonds yaitu jenis obligasi yang diterbitkan perusahaan, baik Pemerintah (BUMN) maupun swasta. Kedua, Government Bonds yang merupakan obligasi yang diterbitkan pemerintah.Ketiga, Municipal Bonds adalah obligasi yang diterbitkan pemerintah daerah dengan tujuan untuk membiayai pembangunan yang berhubungan kepentingan publik.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next