Hal yang Harus Dihindari Orang Tua agar Mencapai Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan | Qerja

Hal yang Harus Dihindari Orang Tua agar Mencapai Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Eka Utami, 1 year ago
Hal yang Harus Dihindari Orang Tua agar Mencapai Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Banyak orang tua pekerja yang mengalami stres dan keletihan karena menghadapi tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab membesarkan anak. Ada yang menganggap  pekerjaan membuat mereka kehilangan waktu berkualitas dengan anak-anak. Sementara sebagian lainnya merasa tanggung jawab pribadi mengganggu perkembangan karier. Hal ini berdampak pada keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Sebenarnya, orang tua pekerja bisa mencapai titik keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Berikut hal yang harus dihindari orang tua pekerja agar sukses mengelola karier dan membesarkan anak dengan baik seperti disarikan dari Forbes.

Gengsi untuk meminta bantuan

Membesarkan anak bukanlah hal yang mudah, apalagi buat orang tua yang bekerja. Jadi, jangan merasa kuat dan bisa menyelesaikan segala masalah. Miliki kerendahan hati dan minta bantuan kepada orang lain. Beberapa bantuan yang dibutuhkan orang tua pekerja antara lain pengasuh anak atau daycare, atau sopir untuk mengantar dan menjemput anak sekolah. Dengan meminta bantuan orang lain yang dipercaya bisa mengurus anak-anak dengan baik, Anda bisa bekerja dengan tenang dan produktif.

Keharusan membagi waktu yang sama antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

Mencapai keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi bersama anak-anak bukan berarti Anda harus membagi waktu secara merata. Orang tua pekerja yang sukses memahami bahwa ada saat ketika keluarga membutuhkan lebih banyak perhatian. Sementara itu, di lain waktu, mereka harus mencurahkan energi untuk karier. Mereka tidak mencoba membagi waktu secara adil.. Sebaliknya, mereka tetap fleksibel. Mereka melakukan evaluasi tentang keseimbangan kehidupan dan karier secara teratur. Jika merasa tidak seimbang, mereka mencoba untuk menyesuaikan diri.

Mengabaikan diri sendiri

Banyak orang tua pekerja yang merasa harus mendahulukan kepentingan anak dibandingkan diri sendiri. Hal ini membuat mereka menjadi stres dan terlalu lelah saat menghadapi anak-anak sepulang kerja. Pada akhirnya, mereka hanya melampiaskan amarah pada anak dan membuat hubungan keluarga menjadi renggang.

Padahal, Anda juga harus memerhatikan diri sendiri. Anda jua perlu punya “me time” untuk mengisi ulang energi. Dengan begitu, Anda punya kekuatan untuk mengurus pekerjaan dan rumah tangga dengan lebih baik.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next