Hal yang Membuat Investasi Anda Gagal | Qerja

Hal yang Membuat Investasi Anda Gagal

Eka Utami, 2 years ago
Hal yang Membuat Investasi Anda Gagal

Banyak orang yang belum memulai investasi karena takut gagal. Pada akhirnya, mereka kehilangan momen bagus untuk menaruh uang di pasar modal dan mengalami kerugian karena terlambat berinvestasi.  Memang, tidak ada yang menjamin investasi Anda berhasil. Anda bisa saja mengalami kegagalan karena investasi memang mengandung risiko. Namun, Anda bisa mengoptimalkan keuntungan jika memahami penyebab kegagalan berinvestasi seperti yang disarikan dari Forbes berikut ini.

Investor gagal karena terlalu percaya dengan yang didengar atau dibaca. Investor bisa gagal berinvestasi karena terlalu percaya pada berita keuangan akan mengikuti saran-saran yang disampaikan pengamat pasar dan ditulis di media oleh reporter. Mereka langsung mengikuti saran-saran yang disampaikan pengamat tanpa meneliti lagi karena takut kehilangan peluang dan momen mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Hal ini sering terjadi saat harga emas naik, dan investor berbondong-bondong membeli logam mulia tersebut.

Terkadang, investor malah percaya janji yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan. Janji investasi yang membawa hasil besar tanpa susah payah. Padahal, setiap investasi memiliki risiko, tidak ada jaminan keuntungan mutlak. Semakin tinggi imbal hasil, semakin tinggi risikonya.

Investor gagal karena tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang konsisten. Investor seperti ini biasanya mengalami kegagalan karena terlalu terbuai pada bujukan broker yang menawarkan imbalan yang tinggi. Padahal, ia sendiri belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentang pasar modal. Seharusnya, investor mengumpulkan informasi dan saran dari berbagai pihak sebelum mengambil satu keputusan.

Investor gagal karena terlalu percaya diri menentukan waktu berinvestasi dan menetapkan saham yang tepat. Terlalu percaya pada penawaran broker bukanlah tindakan yang tepat. Tapi, mengabaikan saran para ahli pun salah. Ketika akan menetapkan satu keputusan investasi, jangan terlalu percaya diri dan menutup telinga dari pendapat orang lain. Uji kembali kepercayaan Anda, lakukan analisis, dan sesuaikan dengan realitas.

Jadi, bagaimana agar kita bisa sukses berinvestasi?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next