Nasihat untuk Karyawan Level Menengah yang Sedang Dilema | Qerja

Nasihat untuk Karyawan Level Menengah yang Sedang Dilema

Eka Utami, 1 year ago
Nasihat untuk Karyawan Level Menengah yang Sedang Dilema

Karyawan level menengah yang telah melakukan pekerjaan selama bertahun-tahun seringkali mengalami dilema antara bertahan di perusahaan atau mencoba tantangan baru. Mereka merasakan pergolakan batin di dalam diri antara kenyamanan kerja yang mapan dan perasaan jenuh yang dirasakan. Kebanyakan karyawan yang sudah duduk di kursi manajer ini merasakan matinya rasa ingin tahu dan alasan bekerja. Biasanya, kita akan menemukan tiga tipe karyawan level menengah seperti ini:

Karyawan cari aman. Dia adalah orang yang menghargai keamanan pekerjaan. Biasanya individu ini memiliki setidaknya satu anak, dan pasangan yang tidak bekerja. Dia juga punya tanggungan pinjaman rumah atau kendaraan. Di kantor, dia adalah pekerja yang baik, rajin, dan melakukan tugas-tugas rutin dengan benar.

Karyawan di antara dua pilihan. Dia adalah manajer yang punya pekerjaan bagus. Namun, dia selalu tergoda untuk mencoba tantangan baru. Dia diperngaruhi oleh kisah sukses pebisnis dan berusaha memulai usaha sendiri atau bergabung dengan startup. Namun, dia belum mau mengambil risiko meninggalkan pekerjaannya yang mapan saat ini. Dia terus menunda hari untuk mengambil risiko yang lebih besar.

Karyawan terjebak pekerjaan. Tipe individu ini merasa “tidak berada di tempat kerja yang benar” karena dua alasan. Dia tidak mencintai pekerjaannya atau terpaksa bertahan pada pekerjaannya karena sejumlah alasan. Dia juga memiliki tanggung jawab keluarga, yang menambah posisinya yang tidak nyaman.

Menariknya, kebanyakan karyawan tersebut akhirnya bisa berhasil dengan caranya masing-masing beberapa tahun kemudian. Mereka bisa menemukan cara untuk sukses setelah melalui masa yang tidak nyaman ini. “Karyawan yang selalu cari aman” akhirnya akan menemukan rencana bagus  menciptakan peluang menaiki tangga karier. Sementara karyawan yang galau antara bertahan atau membangun usaha sendiri tetap pada keraguan selama bertahun-tahun. Akhirnya, ia bisa selamat dari perasaan terjebak dalam pekerjaan.

Tapi, masa dilema yang harus dilalui ketiga tipe karyawan tersebut memang berat. Berikut nasihat untuk karyawan level menengah yang sedang mengalami kebimbangan, dan masa sulit dalam karier seperti disarikan dari situs Entrepreneur.

Bekerja sesuai keahlian yang paling dikuasai

Mungkin Anda adalah orang yang hebat membaca dan mengolah angka-angka, dapat memperkirakan tren dengan mengumpulkan data-data, dan dapat menganalisisnya menjadi laporan yang bermakna. Namun, di sisi lain, Anda bukanlah orang yang ahli dalam mengelola orang sehingga peran manajer membuat stres dan frustasi. Anda harus menyadari kekuatan dan kelemahan pribadi. Lepaskan peran yang membuat Anda terjebak dalam perasaan tak nyaman, kemudian lakukan tugas yang paling disukai.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next