Infografis: Tingkat Kesadaran Mengelola Keuangan Karyawan | Qerja

Infografis: Tingkat Kesadaran Merencanakan Keuangan & Investasi Karyawan

Teguh Riyanto, 7 months ago
Infografis: Tingkat Kesadaran Merencanakan Keuangan & Investasi Karyawan

Artboard_1_2 (2)

Mengelola dan mengatur keuangan adalah permasalahan umum yang sering dihadapi oleh karyawan. Pasalnya, banyak karyawan yang sebenarnya sudah memiliki gaji yang cukup namun tetap merasa kurang dalam memenuhi kebutuhannya. Sehingga sebagian dari mereka harus rela berhemat di akhir bulan atau melakukan pinjaman yang sebetulnya tidak diperlukan. Berangkat dari permasalahan ini, tim Qerja.com melakukan sebuah survey kecil secara online tentang bagaimana “Kesadaran Merencanakan Keuangan & Investasi Karyawan”. Melalui artikel ini, tim Qerja akan mempublikasikan hasil survey tersebut dengan sedikit analisa dan rekomendasi yang berasal dari beberapa sumber literatur sekunder. Dalam narasi ini, tim kami hanya akan menyajikan insight dari hasil survey dan meringkasnya menjadi 7 bagian. Kami berharap, hasil survey ini bisa menjadi bahan evaluasi karyawan dalam mengelola gaji dan keuangan.

Demografi Responden

Survey ini dilakukan pada tanggal 12-23 Maret 2018 kepada member Qerja.com. Total responden yang mengikuti survey ini sebanyak 322 orang, dengan persentase 66% pria dan 34% wanita. Secara demografi umur, survey ini banyak diikuti karyawan berusia 25-34 tahun yaitu sebanyak 58%. Kemudian dari pengalaman kerja, responden yang memiliki pengalaman kerja selama 3-5 tahun menjadi responden terbanyak di survey ini yaitu sebanyak 32%. Di bawah ini adalah demografi lengkap responden survey Qerja bulan maret ini.

Apakah Anda Sudah Merencanakan dan Mengelola Keuangan dengan Baik ?

Artboard_1_3

Salah satu pertanyaan inti dari survey Qerja ini adalah “Apakah Anda Sudah Merencanakan dan Mengelola Keuangan dengan Baik?”. Sebanyak 81% responden menjawab bahwa mereka telah melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik. Dari jawaban ini, kami menyimpulkan bahwa sebagian besar responden sudah mengerti pentingnya merencakan dan mengelola keuangan. Sebagai seorang karyawan, kita biasanya bergantung pada satu sumber penghasilan yaitu gaji bulanan. Sangat penting mengelola penghasilan mereka agar kebutuhan hidup sehari-hari bisa bisa terpenuhi. Tidak hanya itu, mengelola dengan tepat dapat membantu karyawan dalam mencapai tujuan hidupnya.

Apakah Anda Rutin Mencatat Pengeluaran Anda? Mengapa?

Artboard_1_4

Setelah menanyakan tentang kesadaran merencanakan dan mengelola keuangan, selanjutnya kami menanyakan tentang salah satu cara untuk mengelola keuangan yaitu pencatatan pengeluaran. Hasilnya cukup mengejutkan, karena jawaban responden bertolak belakang dengan jawaban pertanyaan sebelumnnya. Meskipun sebagian besar responden sudah merasa melakukan perencanaan dan pengelola keuangan dengan baik, namun hanya 47% responden yang rutin mencatat pengeluaran mereka. Padahal, melakukan pencatatan pengeluaran adalah hal yang paling penting dalam mengelola keuangan. Kami mengolah data dari alasan jawaban pertanyaan di atas dan hasil yang didapat cukup mengejutkan pula. Alasan responden yang menjawab tidak rutin mencatat pengeluaran adalah “malas”, “lupa”, “ribet” dan “tidak punya waktu”.

Artboard_1_5

Dari jawaban alasan tersebut, kami menyimpulkan bahwa belum semua responden mengerti tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Prita Ghozi dalam bukunya yang berjudul “Make It Happen!” mengatakan bahwa salah satu kegagalan seseorang dalam merencanakan dan mengelola keuangan adalah malas mencatat pengeluaran. Kebocoran-kebocoran dalam mengelola keuangan biasanya muncul dari post-post pengeluaran yang kecil namun rutin. Contoh paling sederhana adalah uang parkir yang terlihat sepele dan mudah dilupakan. Padahal jika kita kali kan seberapa rutin kita parkir di suatu tempat dengan nominal biayanya biasanya akan mendapatkan angka yang cukup lumayan besar. Belum lagi uang tol, bensin dan lain-lain yang terlihat sepele namun bernominal besar.

Berapa Perbandingan (Persentase) Antara Pengeluaran dan Tabungan/Investasi Anda ?

Artboard_1_6

Dari pertanyaan tersebut kami ingin menggali lebih dalam tentang kebiasaan menggunakan uang gaji dan penghasilannya. Hasilnya, 69% responden menjawab bahwa saat ini persentase pengeluarannya di atas 50% dari total pendapatannya. Seorang pakar perencana keuangan terkemuka Amerika, Elizabeth Warren, mengatakan bahwa idealnya persentase antara pengeluaran rutin dan tabungan serta investasi adalah 80%-20%. Lebih lanjut lagi dalam bukunya “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”, Warren mengatakan pembagian penghasilan tersebut bisa divariasikan menjadi lebih detail sebagai berikut



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next