Begini Cara Meyakinkan Bos Anda agar Memberi Izin Jam Kerja Fleksibel | Qerja

Begini Cara Meyakinkan Bos Anda agar Memberi Izin Jam Kerja Fleksibel

Eka Utami, 1 year ago
Begini Cara Meyakinkan Bos Anda agar Memberi Izin Jam Kerja Fleksibel

Para ibu bekerja pasti ingin mendapatkan keseimbangan kehidupan dan pekerjaan. Namun, hal ini seringkali sulit dicapai. Salah satu penyebabnya karena tuntutan pekerjaan yang selalu menyita waktu berkualitas untuk keluarga. Ibu bekerja selalu disibukkan dengan pekerjaan bertumpuk, pertemuan dengan klien, bahkan tugas dinas ke luar kota. Maka, banyak ibu bekerja yang memilih berhenti dan mengorbankan kariernya.

Tetapi, sebenarnya selalu ada jalan keluar. Ibu bekerja bisa meminta keringanan pada atasan untuk menjalankan jam kerja fleksibel. Pada zaman sekarang, banyak perusahaan yang memberikan kelonggaran agar karyawannya tidak harus datang ke kantor pada jam 9 pagi dan pulang pukul 5 sore –tergantung jenis pekerjaannya-. Namun, meski budaya kantor Anda tidak mengenal sistem jam kerja fleksibel, Anda bisa mengusahakannya dengan mengajukan proposal pada atasan. Begini cara meyakinkan bos agar memberi izin jam kerja fleksibel seperti disarikan dari situs Working Mother.

Rencanakan pengaturan kerja fleksibel yang Anda butuhkan

Luangkan waktu untuk jenis jadwal fleksibel apa yang paling sesuai dengan kebutuhan keluarga dan pekerjaan Anda. Apakah Anda mau minta izin untuk bekerja di rumah dua hari sepekan? Ataukah Anda bersedia datang ke kantor setiap hari dengan jadwal pulang lebih awal?

Biasanya pengaturan jadwal ini disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan usia anak Anda. Misalnya, anak Anda masih kecil dan harus dititipkan di daycare. Maka, Anda bisa masuk kerja setiap hari dan pulang kantor menjelang daycare tutup. Hal ini bisa menjadi argumen kuat saat Anda meminta pengaturan jam kerja fleksibel pada bos. Tapi, Anda juga harus memikirkan opsi lain berdasarkan kebutuhan perusahaan.

qc-jkt-2019

Jelaskan cara kerja efisien berdasarkan pengaturan jam kerja fleksibel yang diajukan

Ketika menghadap atasan, Anda harus siap untuk memberikan contoh dan skenario spesifik tentang bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan dan proyek tepat waktu. Anda juga harus menjelaskan dengan detail strategi melakukan penyesuaian pekerjaan agar tidak ada kesalahan kerja. Langkah ini sangat penting untuk menunjukkan kepada atasan bahwa Anda sangat menghargai pekerjaan dan tim. Anda ingin memastikan pengaturan jam kerja fleksibel baik untuk perusahaan dan diri sendiri.

Antisipasi keberatan dan potensi kekhawatiran atasan

Sebagian manajer merasa keberatan jika ada karyawan yang meminta jam kerja fleksibel. Ada bos yang khawatir jam kerja fleksibel untuk satu karyawan akan menimbulkan kecemburuan dari staf yang lain. Selain itu, atasan Anda juga akan cemas jika pengaturan jam kerja fleksibel ini gagal.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next