Kedapatan Wawancara di Perusahaan Pesaing? Apa yang Harus Dilakukan? | Qerja

Kedapatan Wawancara di Perusahaan Pesaing? Apa yang Harus Dilakukan?

Eka Utami, 2 years ago
Kedapatan Wawancara di Perusahaan Pesaing? Apa yang Harus Dilakukan?

Gawat! Bos memergoki Anda sedang mengikuti seleksi kerja di perusahaan pesaing. Anda merasa ini seperti akhir dunia. Kejadian ini adalah mimpi buruk buat setiap pencari kerja. Ketakutan Anda menjadi berlipat ganda. Pertama, Anda belum tentu diterima di perusahaan pesaing sehingga masih dirundung rasa takut gagal tes wawancara kerja. Kedua, jika gagal seleksi, maka Anda harus bertahan di perusahaan, di bawah pimpinan yang tahu bahwa Anda akan berkhianat.

Seharusnya Anda tidak perlu menyikapinya dengan berlebihan. Sebenarnya, manajer hebat seperti atasan sudah mengetahui gelagat staf yang diam-diam melakukan wawancara kerja dengan perusahaan lain di belakangnya. Dia merasakan keanehan dari karyawan yang tadinya bersemangat bekerja, kini malah jadi pendiam saat brainstorming. Ia mungkin sudah mencatat bahwa Anda sering absen dengan alasan janji dengan dokter, makan siang lebih lama dari biasanya, atau datang terlambat ke kantor. Jadi, tenangkan diri dan pelajari cara menghadapi atasan yang memergoki Anda ikut wawancara kerja di perusahaan pesaing seperti disarikan dari Fast Company berikut ini.

Bernapas

Tentu, Anda merasa buruk di hadapan bos. Ketika Anda bertemu muka dengan atasan di perusahaan lain, dan ia mengetahui bahwa urusan Anda adalah wawancara kerja, maka Anda merasa kikuk. Anda terpaksa melempar senyum yang dipaksakan, menyapa dan berbasa-basi. Mungkin atasan Anda juga terkejut sesaat. Tapi, dia bisa memahaminya karena merasa bahwa Anda sudah tidak betah bekerja di bawah kepemimpinannya.

Setelah bertemu atasan dalam situasi yang tak terduga seperti itu, Anda merasa stres. Anda membayangkan skenario terburuk pada esok hari di kantor. Padahal, sebenarnya hal itu belum tentu terjadi. Atasan mungkin punya pemikiran berbeda. Ia malah langsung mencari strategi untuk mengatur beban kerja di tim atau mencari orang baru yang akan menggantikan posisi Anda kelak.

Jadi, setelah kepergok wawancara kerja dengan perusahaan pesaing, luangkan waktu untuk melakukan dekompresi – jalan-jalan, pulang ke rumah lebih awal untuk menenangkan diri, atau bahkan mencoba melakukan latihan pernapasan atau teknik meditasi. Intinya, Anda harus tetap tenang.

Meminta waktu untuk diskusi dengan atasan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next