Hendak Dibajak Perusahaan Pesaing? Berikut Hal yang Perlu Anda Dipertimbangkan | Qerja

Hendak Dibajak Perusahaan Pesaing? Berikut Hal yang Perlu Anda Dipertimbangkan

Eka Utami, 1 year ago
Hendak Dibajak Perusahaan Pesaing? Berikut Hal yang Perlu Anda Dipertimbangkan

Sebagai tenaga ahli berkualitas, tentu banyak perusahaan yang menginginkan Anda. Maka tak heran jika banyak tawaran pekerjaan yang menghampiri –bahkan jika Anda tidak melamar kerja di perusahaan tersebut-. Mungkin Anda pernah didekati seorang teman lama yang meminta bergabung untuk bekerja dengan perusahaannya. Bisa jadi, Anda dihubungi oleh seseorang yang telah mengulik profil, pengalaman kerja, dan prestasi Anda. Ia menawarkan posisi menarik di satu perusahaan.

Tawaran pekerjaan untuk Anda begitu menarik. Mulai dari peran dan tanggung jawab yang menantang, titel mentereng, hingga gaji besar. Masalahnya, mereka meminta Anda untuk pindah ke perusahaan yang menjadi rival dari tempat kerja Anda selama ini. Apakah Anda akan “berkhianat”?

“Pembajakan” tenaga kerja adalah hal biasa terjadi. Apalagi jika keahlian yang Anda miliki terbilang “langka”. Maka, Anda akan diburu oleh banyak perusahaan. Jadi, apa yang harus dilakukan jika perusahaan pesaing mendekati Anda? Berikut beberapa pertimbangan dan risiko yang perlu diperhatikan jika Anda akan dibajak perusahaan pesaing seperti disarikan dari Business Today.

Pertama, pastikan untuk mengecek hubungan antara perusahaan yang menjadi tempat kerja Anda saat ini dan perusahaan pesaing yang mengajukan penawaran pekerjaan. Ada perusahaan memiliki perjanjian resmi dengan saingan, klien, dan vendor mereka untuk menghindari pembajakan satu sama lain. Tanyakan dan pastikan sebelum menindaklanjuti penawaran kerja.

Kedua, perhatikan dinamika yang terjadi dalam industri yang Anda geluti saat ini. Apakah fenomena “pembajakan” sedang marak? Mungkin ada perusahaan baru yang sejenis dengan tempat kerja Anda sekarang yang sedang gencar merekrut karyawan dari perusahaan lain. Bisa jadi, mereka adalah perusahaan dengan sokongan modal besar sehingga mampu membayar tenaga ahli seperti Anda dengan nominal lebih tinggi dari yang lain.

Biasanya, divisi sumber daya manusia di tempat Anda sudah memahami fenomena ini. Apalagi jika jumlah karyawan yang pindah ke perusahaan pesaing terbilang banyak. Mungkin manajemen perusahaan Anda akan membuat peraturan baru khususnya untuk karyawan yang akan pindah ke kompetitor. Misalnya, pengurangan uang pisah, memperpanjang masa tunggu karyawan yang akan mengundurkan diri dari perusahaan, dan perjanjian lainnya.

Setelah itu, cek keadaan untuk mencari tahu bagaimana perusahaa Anda sekarang akan bereaksi terhadap berita bahwa karyawannya akan dibajak perusahaan lain. Jika Anda merasa bahwa manajemen tidak senang tentang hal itu, mungkin Anda akan kehilangan kontak, niat baik, dan mungkin menutup pintu peluang di masa depan. Cara terbaik untuk meminimal dampak buruk dari kepergian Anda adalah dengan berkomunikasi secara terbuka dengan pihak perusahaan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next