5 Hal yang Harus Anda Ungkapkan pada Bos | Qerja

5 Hal yang Harus Anda Ungkapkan pada Bos

Eka Utami, 1 year ago
5 Hal yang Harus Anda Ungkapkan pada Bos

Hubungan staf dengan manajer memengaruhi kinerja pribadi, keberhasilan tim, dan kebahagiaan kerja. Seperti biasa, hubungan yang baik harus berlandaskan komunikasi yang baik. Menjaga komunikasi dengan bos adalah kunci kesuksesan di tempat kerja. Sebab, untuk membangun jalinan atasan-bawahan yang harmonis, Anda perlu mendapatkan kepercayaan bos. Berikut lima hal yang harus selalu Anda ungkapkan kepada bos seperti disarikan dari situs Real Simple.

“Ini adalah kesalahan saya.”

Tidak ada yang lebih menakutkan daripada saat melakukan kesalahan. Anda bisa menyebabkan kemarahan atasan, rekan kerja, klien, dan bahkan menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Namun, kebanyakan orang seringkali mencari alasan, menyalahkan hal lain yang berada di luar kendali, dan mencari kambing hitam.

Tetapi, karyawan yang baik seharusnya berani bertanggung jawab atas kesalahan yang telah dibuat. Ini adalah bagian dari jiwa kepemimpinan. Sebenarnya, kegagalan Anda adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Anda tidak perlu takut mengakui kesalahan di hadapan atasan. Manajer yang baik memahami hal itu. Ia akan menggali penyebab kesalahan, kemudian mengajak Anda untuk mengambil hikmah serta pelajaran dari kekeliruan yang telah terjadi.

“Hal ini menghalangi saya melakukan pekerjaan dengan baik dan benar.”

Anda akan selalu punya masalah di kantor. Misalnya konflik dengan rekan kerja membuat Anda tidak dapat memenuhi tenggat waktu yang telah ditetapkan. Atau, Anda tidak memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek besar. Jika ada sesuatu di luar kendali yang menghalangi kinerja Anda, maka beri tahu kepada atasan. Kebanyakan orang mencoba menyimpan masalah sendiri dan berusaha menemukan solusi. Kalau berhasil, Anda berpikir akan dipandang sebagai karyawan yang tangguh, kreatif, dan hebat. Namun, bagaimana jika Anda bergelut dengan masalah sendiri dan gagal memenuhi target pekerjaan? Anda mungkin malah membuat kesalahan, bekerja di bawah standar, membuat klien tidak puas. Pada akhirnya  manajer malah meragukan kemampuan Anda.

“Saya menghadapi masalah pribadi.”



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next