Penyebab Orang Suka Bohong di Tempat Kerja | Qerja

Penyebab Orang Suka Bohong di Tempat Kerja

Eka Utami, 2 years ago
Penyebab Orang Suka Bohong di Tempat Kerja

Orang bisa berbohong di mana saja, kapan saja. Hal ini bisa juga terjadi di tempat kerja. Mungkin Anda pernah membohongi atasan untuk menyelinap pergi ke tempat wawancara di perusahaan pesaing. Bisa jadi, Anda juga pernah jadi korban kebohongan atasan dan rekan kerja.

Semua orang tahu bahwa berbohong bukan perbuatan yang baik. Namun, ada banyak alasan yang membuat orang akhirnya memutuskan untuk berbohong. Berikut beberapa alasan berbohong yang dapat mengganggu di tempat kerja, mengurangi produktivitas, dan menyebabkan masalah kepercayaan yang serius antara rekan kerja seperti disarikan dari situs Inc.

Orang berbohong untuk melindungi diri

Taktik pertahanan ini biasanya merupakan alasan paling umum buat karyawan akhirnya memutuskan untuk berbohong. Ketika seseorang dihadapkan dengan kemungkinan konsekuensi akibat perilaku buruk, berbuat kesalahan, maka mereka akan mempertahankan diri dari ancaman. Ada beberapa yang berbohong untuk melindungi diri sendiri, ada pula yang berdusta untuk orang lain. Kemudian mereka menyalahkan hal-hal di luar kendali. Pada akhirnya, tetap ada kesalahan, tetapi tidak seorang pun mau bertanggung jawab.

Orang berbohong karena jahat

Ada orang yang memang sengaja berbuat jahat. Biasanya, mereka merasa sakit hati karena pernah kalah dalam kompetisi, memiliki rasa iri dan dengki, ataupun memiliki dendam karena pernah diperlakukan buruk. Mereka adalah orang-orang yang tidak bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang positif. Mereka justru mengaasi amarah dan frustasi dengan cara berbohong untuk membalas orang lain. Jika terbiasa berbohong, maka mereka akan semakin kejam sampai tega memanipulasi orang lain.

Orang berbohong karena merasa superior

Ada orang-orang di kantor Anda yang merasa perlu berbohong karena memegang posisi yang harus dilindungi. Bisa jadi mereka adalah atasan, senior atau rekan kerja. Mereka merasa superior. Mereka berbohong untuk membuat diri mereka terlihat lebih baik daripada yang lain. Kadang-kadang dusta itu sengaja dilakukan untuk mengendalikan orang lain.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next