10 Trik Pencarian di Google yang Perlu Anda Tahu | Qerja

10 Trik Pencarian di Google yang Perlu Anda Tahu

Qerja, 4 years ago
10 Trik Pencarian di Google yang Perlu Anda Tahu

Kami yakin setidaknya 90 persen dari Anda menggunakan Google Search di kantor, baik untuk urusan pekerjaan maupun keperluan pribadi. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa trik untuk mempermudah pencarianmu di Google? Simak di bawah ini.

1. Timer
Kalau kamu orang yang mudah terdistraksi saat mengerjakan sesuatu, coba set timer saat mengerjakan sesuatu untuk memberi deadline pada diri sendiri. Contohnya, atur timer 1 jam untuk menyelesaikan proposal X. Atau set waktu 15 menit sebagai batas maksimal browsing di online shop.

Rumusnya: set timer [xx] minutes

2. Membandingkan kalori
Bingung mau ngemil pizza atau burger? Mana kira-kira yang lebih sehat dan tidak merusak dietmu?

Rumusnya: [food 1] vs [food 2]

3. Mencari frase dan nama verbatim
Kalau Anda ingin mencari nama perusahaan Indah Asri di Google, tapi tidak mau hasil pencariannya bercampur dengan nama-nama lain seperti Asri Indah atau Indah Dewi Asri, cukup beri tanda petik di antara nama atau frase yang Anda cari.

Rumusnya: “[nama atau frase yang dicari]”

4. Mengecualikan kata
Mau riset tentang calon atasan bernama Jack Dawson tapi tak mau dapat hasil pencarian tentang film Titanic? Tambahkan saja –titanic di kotak pencarian.

Rumusnya: [yang dicari] –[kata yang tak diinginkan]

5. Mencari di dalam website
Anda ingat pernah membaca sebuah artikel di Qerja.com tentang pekerjaan seleb Hollywood sebelum terkenal. Tapi Anda sudah ubek-ubek website tersebut dan artikel itu tidak Anda temukan lagi. Cari di Google saja.

Rumusnya: site:[URL website.com] [topik yang dicari]



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next