Lima Jenis Budaya Kerja Perusahaan yang Dianggap Paling Sukses | Qerja

Lima Jenis Budaya Kerja Perusahaan yang Dianggap Paling Sukses

Eka Utami, 3 months ago
Lima Jenis Budaya Kerja Perusahaan yang Dianggap Paling Sukses

Jika pernah bekerja di sejumlah perusahaan, mungkin Anda mengenal bermacam jenis karakteristik lingkungan kerja yang berbeda-beda. Anda akan selalu membandingkan dan merasakan bagaimana budaya kerja di satu perusahaan bisa membuat pekerja lebih produktif, sementara suasana kantor lain justru mendorong lebih kreatif. Kemudian, jika berniat pindah kerja lagi, maka Anda akan mempertimbangkan untuk memilih perusahaan yang menawarkan budaya kerja paling baik.

Bagaimana cara mengetahui bahwa budaya di satu perusahaan bisa cocok dengan gaya kerja Anda? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melakukan riset ke calon perusahaan yang akan dilamar. Setelah itu, bandingkan dengan pengalaman kerja Anda sebelumya. Namun, jika Anda masih ragu, pilihlah perusahaan yang punya tipe budaya kerja yang terbukti sukses mendorong keberhasilan perusahaan. Berikut macam-macam lingkungan kerja terbaik seperti disarikan dari Entrepreneur.

Lingkungan kerja ‘skeptis terbuka’

Dalam lingkungan yang ‘skeptis terbuka’, semua hal dapat dipertanyakan. Hal ini karena semua karyawan didorong untuk selalu skeptis, mempertanyakan banyak hal. Tidak ada orang yang merasa takut ditegur karena bertanya dan mengungkapkan ide. Sehingga pegawai bisa bebas mengungkapkan kejanggalan yang dirasakan di tempat kerja. Contoh kasus ketika seseorang mengungkapkan ide tentang strategi pemasaran baru pada satu forum, maka peserta rapat lainnya bebas bertanya alasan ide tersebut lebih baik daripada yang lain. Pertanyaan itu adalah umpan diskusi. Karena semua orang bebas mengajukan pertanyaan, maka semua orang bisa bersama-sama menggerakkan perusahaan agar terus maju.

Lingkungan kerja yang berfokus pada individu

Dalam lingkungan yang berfokus pada individu, manajemen kantor menawarkan fleksibilitas seseorang untuk menyesuaikan gaya kerja masing-masing. Beberapa karyawan mungkin diizinkan bekerja dari rumah jika itu tidak mengganggu produktivitas. Sementara pegawai lainnya mungkin memiliki jam kerja yang fleksibel. Adapun sebagian pekerja boleh memilih meja kerja sendiri. Setiap orang bekerja secara berbeda, dan budaya kerja semacam ini membuat karyawan merasa lebih bebas.

Lingkungan kerja tanpa dinding pembatas

Lingkungan kantor tanpa dinding pembatas adalah tentang menciptakan budaya kerja tim. Manajemen perusahaan membiarkan ruang kantor terbuka tanpa bilik, sehingga karyawan dapat berbicara satu sama lain dengan bebas. Lingkungan ini biasanya memiliki ruang istirahat bersama, dan acara team building untuk menginspirasi kerjasama dan saling menghargai.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami