Trik Menjaga Produktivitas Kerja pada Pekan Pertama Ramadan | Qerja

Trik Menjaga Produktivitas Kerja pada Pekan Pertama Ramadan

Eka Utami, 6 days ago
Trik Menjaga Produktivitas Kerja pada Pekan Pertama Ramadan

Pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Ramadan 1439 jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018. Artinya, umat Muslim akan mulai menjalankan ibadah puasa pada esok hari. Untuk menghadapi bulan puasa, sebagian besar perusahaan dan instansi di Indonesia menyesuaikan jam kerja karyawan dan pegawai bisa beribadah dengan optimal. Namun, puasa dan pemangkasan jam kerja semestinya tidak menjadi alasan untuk menurunkan produktivitas kerja selama bulan suci.

Memang, sebagian orang yang tidak biasa menjalankan puasa di bulan lain, mungkin akan mengalami masa transisi yang cukup menantang pada awal Ramadan. Jika biasanya Anda selalu makan siang, maka pada bulan ini harus berusaha menahan lapar pada tengah hari. Kalau Anda sering mengudap camilan sambil bekerja, maka selama sebulan ini kebiasaan itu harus ditinggalkan. Untuk itu, berikut kami bagikan trik menjaga produktivitas kerja pada pekan pertama Ramadan seperti disarikan dari situs Monstergulf.

Mengatur jadwal tidur

Jam tidur dan dan terjaga bisa berubah secara signifikan selama Ramadan. Anda meluangkan lebih banyak waktu untuk ibadah malam dan harus bangun dini hari untuk makan sahur. Perubahan kebiasaan tidur bisa membuat Anda sakit kepala, sakit tubuh, tekanan darah tinggi dan peningkatan stres pada siang hari. Untuk memastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan merasa segar, cobalah berjalan 10 menit setelah berbuka puasa. Selain itu, jika memang Anda harus tidur lebih malam dan bangun dini hari, cobalah setia dengan jadwal tersebut agar tubuh terbiasa dengan “kebiasaan tidur yang baru” selama bulan suci. Tanpa gangguan tidur, produktivitas kerja Anda akan tetap terjaga.

Mempersiapkan hari kerja lebih awal

Buatlah perencanaan kerja pada malam sebelumnya. Atur jadwal pertemuan dan rapat di pagi hari saat Anda masih bisa berkonsentrasi penuh. Lakukan rutinitas ini untuk membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Menyesuaikan jam kerja dengan mitra bisnis

Jika berbisnis dengan orang dari negara lain, mungkin Anda terbiasa mengikuti jadwal kerja mereka. Terkadang Anda terpaksa harus lembur karena jam kerja di negara lain dimulai ketika Anda seharusnya sudah bisa pulang dari kantor. Pastikan untuk mengingat perbedaan waktu dan memperhatikan rutinitas sehari-hari  rekan bisnis di luar negeri yang akan memengaruhi pekerjaan Anda. Kirim email yang menjelaskan perubahan jam kerja Anda agar mereka bisa memaklumi dan mengikuti.

Mengurangi kafein



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next