Tips Kerja Cerdas Selama Bulan Ramadan | Qerja

Tips Kerja Cerdas Selama Bulan Ramadan

Eka Utami, 5 months ago
Tips Kerja Cerdas Selama Bulan Ramadan

Kita semua sepakat bahwa ibadah puasa tidak boleh menjadi alasan penurunan produktivitas kerja. Kita harus mmpertahankan kinerja seperti saat sedang tidak berpuasa. Namun, hal ini bukan berarti kita harus bekerja keras dan memforsir diri di tengah kondisi lapar dan dahaga. Kita harus punya strategi kerja di saat bulan suci ini. Berikut tips kerja cerdas selama Ramadan seperti disarikan dari situs Inc.

Merencanakan hari kerja dengan lebih matang

Menjaga pikiran tetap fokus menjadi tantangan utama selama Ramadan. Ketika rasa lapar datang, pikiran Anda malah tertuju ke perut, bukan berkonsentrasi pada pekerjaan yang ada di depan mata. Jadi, buatlah perencanaan kerja yang baik.

Sebenarnya, perencanaan hari kerja harus dilakukan setiap hari, baik saat Ramadan atau di luar bulan puasa. Dengan rencana yang matang, Anda bisa menjalani hari dan menyelesaikan tugas berdasarkan target lebih baik. Jika tidak terbiasa membuat rencana kerja harian, ini saatnya Anda harus memaksakan diri untuk mengatur jadwal lebih rapi.

Ketika merencanakan hari kerja, cobalah untuk menjadwalkan pertemuan, janji telepon dan interaksi interpersonal yang membutuhkan energi tinggi pada pagi hari. Selain itu, kerjakan tugas mendesak dan prioritas tinggi terlebih dahulu, sehingga Anda bisa menyelesaikan lebih baik. Sementara pekerjaan ringan bisa diundur sampai sore ketika energi dan fokus Anda sudah berkurang.

Bekerja saat energi optimal


Saat Ramadan, Anda akan memiliki banyak energi setelah sahur dan berbuka. Jika memungkinkan, rencanakan untuk melakukan sebagian besar pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, kesiapan mental dan fisik intensif segera setelah makan, ketika pikiran dan tubuh berada pada kondisi paling optimal. Jadi, kalau ada pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, maka kerjakan setelah makan sahur. Anda akan bisa menyelesaikan tugas dengan lebih mudah tanpa gangguan pesan email dan gangguan lainnya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next