Strategi Mencari Kerja di Bulan Ramadan | Qerja

Strategi Mencari Kerja di Bulan Ramadan

Eka Utami, 3 years ago
Strategi Mencari Kerja di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan tidak bisa dijadikan alasan untuk Anda beristirahat mencari pekerjaan impian. Selama belum mendapat pekerjaan yang diidamkan, maka Anda bisa terus mengirim lamaran ke berbagai perusahaan, mengikuti berbagai tes dan menghadiri wawancara kerja. Tapi, memang perlu strategi agar proses pencarian kerja selama bulan suci lebih efektif. Berikut panduan mencari kerja di bulan Ramadan seperti disarikan dari situs Edarabia.

Memperbarui informasi lowongan kerja

Selama masih ada perusahaan yang memerlukan tenaga kerja, selama itu pula iklan lowongan kerja baru akan terus muncul. Mereka tidak akan berhenti mencari talenta berkualitas meski di tengah bulan Ramadan. Jadi, Anda harus selalu memperbaharui informasi seputar lowongan kerja terbaru melalui situs pencari kerja atau website resmi perusahaan. Ingatlah bahwa masih ada banyak orang di luar sana yang sedang mencari pekerjaan seperti Anda. Anda tidak boleh ketinggalan dari para pesaing dan tetap ‘up to date’.

Cek dan memperbarui CV

Sambil menunggu panggilan wawancara, Anda bisa mengecek kembali berkas-berkas lamaran kerja. Salah satunya dengan memperbarui curriculum vitae. Pasang foto terbaru Anda pada CV. Kemudian, Anda bisa membaca ulang CV dan memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa dan typo. CV yang ditulis dengan baik akan membuat manajer perekrutan terkesan dengan Anda. Tunggu saja, mereka akan segera menghubungi Anda.

Buat surat lamaran yang berkesan

Mungkin selama ini Anda hanya menyimpan satu contoh surat lamaran yang dipakai untuk mengirim lamaran ke berbagai perusahaan. Anda bahkan tidak membuat sendiri contoh surat lamaran itu. Anda hanya mencontek lamaran dari internet saja.

Sekarang, mumpung masih ada waktu, cobalah mengarang surat lamaran Anda sendiri. Sesuaikan surat Anda dengan permintaan perusahaan yang tertulis pada iklan lowongan kerja sehingga tampak relevan. Anda harus menunjukkan usaha maksimal kepada perekrut. Pihak perusahaan akan menghargai upaya Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next