Tips Menyusun Prioritas THR untuk Karyawan | Qerja

Tips Menyusun Prioritas THR untuk Karyawan

Eka Utami, 2 years ago
Tips Menyusun Prioritas THR untuk Karyawan

Tahun ini, Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran turun hampir bersamaan dengan gaji bulanan –bahkan sebagian orang menerima gaji dan THR sekaligus dalam satu waktu-. Jadi, kita akan menerima pemasukan yang sangat besar pada akhir bulan ini atau di awal bulan depan.

Kebanyakan orang tentu merasa senang ketika mendapat uang banyak. Tapi, di saat yang bersamaan ada keresahan ketika menerima pemasukan dalam jumlah besar. Kita takut dikuasai hawa nafsu, sehingga tanpa sadar membelanjakan gaji dan THR tanpa perhitungan. Pada akhirnya, kita malah kehabisan uang menjelang lebaran karena gaji dan THR menguap entah kemana.

Mungkin Anda sudah sering membaca atau mendapat saran tentang cara bijak memanfaatkan THR lebaran. Kali ini, kami coba mengingatkan kembali soal penggunaan THR yang tepat.

Hal pertama yang perlu kita pahami bahwa THR adalah pendapatan yang hanya turun sekali dalam setahun. Jadi, THR mesti dimanfaatkan untuk pengeluaran tahunan juga. Jadi, sebelum membelanjakan THR, Anda mesti tahu dan membuat daftar seluruh kebutuhan tahunan menjelang dan saat Hari Raya Idul Fitri. Berikut prioritas pemanfaatan THR seperti disarikan dari tulisan Perencana Keuangan Ligwina Hananto pada situs QMFinancial.

THR untuk pekerja rumah tangga

Bagi karyawan yang sehari-hari bekerja di kantor, tentu membutuhkan jasa asisten untuk mengurus rumah tangga. Para asisten bisa terdiri dari pembantu yang bertugas memasak dan membersihkan rumah, babysitter, tukang kebun, hingga supir. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Anda juga harus berbagi kebahagiaan dengan mereka. Jadi, prioritas utama THR Anda adalah untuk membayar THR bagi mereka yang sudah membantu mengurus rumah tangga.

Mudik

Pulang kampung adalah salah satu tradisi yang biasa dilakukan umat Muslim pada Hari Raya Idul Fitri. Hal ini karena Lebaran adalah momen yang pas untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar. Maka, Anda rela mengeluarkan dana besar dan menempuh jarak jauh untuk bertemu sanak famili.

Buat Anda yang sudah merencanakan dan mempersiapkan mudik dengan matang, biasanya sudah membeli tiket kendaraan pada satu atau dua bulan lalu. Jadi, ongkos perjalanan telah ditanggung oleh gaji bulan lalu atau menggunakan kartu kredit. Bila membeli tiket menggunakan kartu kredit, maka manfaatkan THR untuk membayar tagihan kartu kredit yang datang saat bulan Ramadan. Sementara bagi Anda yang merencanakan mudik dadakan atau berniat menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa memanfaatkan THR ini untuk membiayai perjalanan tersebut.

Pengeluaran lain-lain

Setiap bulan Ramadan, umat Muslim yang memiliki kemampuan dikenakan kewajiban untuk membayar zakat. Selain itu, sebagian orang yang telah memenuhi syarat tertentu juga harus mengeluarkan zakat penghasilan. Pengeluaran wajib ini tidak boleh terlewat dari perhitungan Anda.

Selain itu, kebutuhan menjelang hari raya biasanya lebih besar dari bulan lainnya. Buat Anda yang terbiasa mengadakan open house pada saat Idul Fitri, pasti perlu mengeluarkan uang belanja bulanan lebih banyak. Anda tidak hanya belanja kebutuhan pokok, tapi juga merasa perlu membeli jenis makanan pendamping seperti camilan untuk menjamu tamu.

Di luar pengeluaran untuk makanan, ada pula keluarga yang terbiasa memelihara tradisi membeli pakaian dan sepatu baru untuk menyambut hari raya. Meski Anda sudah punya banyak baju yang layak dipakai, namun rasanya tak lengkap kalau tidak mengenakan pakaian model terkini. Belum lagi tradisi membagikan angpao lebaran pada anggota keluarga.

Qurban

Hari raya umat Muslim yang diperingati secara besar-besaran bukan hanya Idul Fitri. Beberapa bulan lagi Anda akan menghadapi Idul Adha yang juga membutuhkan dana tidak sedikit. Pengeluaran terbesar untuk hari Idul Adha adalah untuk membeli hewan qurban. Jadi, mumpung Anda memegang banyak uang sekarang, maka simpan sebagian untuk kebutuhan hari raya berikutnya.

Semua pengeluaran ini harus diperhitungkan dengan matang. Gaji bulanan Anda mungkin tidak cukup untuk menutupi semua kebutuhan hari raya. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan THR untuk semua keperluan yang hanya datang sekali dalam setahun. –Qerja.com

Sumber foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next