Lagi Nyari Kerja? Cek Dulu Tiga Hal Ini Sebelum Menghadiri Job Fair | Qerja

Lagi Nyari Kerja? Cek Dulu Tiga Hal Ini Sebelum Menghadiri Job Fair

Eka Utami, 1 year ago
Lagi Nyari Kerja? Cek Dulu Tiga Hal Ini Sebelum Menghadiri Job Fair

Mencari pekerjaan memang bukan sebuah hal yang mudah dan membutuhkan pengorbanan yang cukup banyak. Tentunya, tidak sedikit waktu, uang, dan tenaga Anda korbankan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Ikut serta dalam bursa kerja terkadang nampak menjadi pilihan yang bisa meringankan Anda. Tetapi, tidak sedikit dari bursa kerja yang diadakan memiliki kualitas yang kurang memuaskan.

Mitra perusahaan yang tidak jelas, lokasi job fair yang tidak strategis serta tempat yang tidak nyaman adalah contoh nyata yang sering kita lihat. Lalu, bagaimana caranya agar pengorbanan datang ke bursa kerja tidak menjadi sia-sia?

Berikut ini adalah tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda datang ke sebuah acara job fair.

Daftar Perusahaan Peserta

Sebagai seorang pencari kerja, tentunya Anda sangat berharap bisa mendapatkan karir yang baik dengan fasilitas kerja yang memuaskan. Kedua hal ini tentunya sangat berkaitan dengan perusahaan tempat Anda bekerja nantinya.

Sayangnya, tidak ada perusahaan yang benar-benar ideal sehingga Anda harus memilih dengan seksama. Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta job fair.

Tidak semua job fair memiliki mitra perusahaan yang ideal bagi para pencari kerja yang datang. Sehingga tidak ada salahnya sebelum datang ke sebuah job fair, Anda mencari informasi mengenai perusahaan mana saja yang jadi peserta.

Dengan begitu, maka Anda tidak perlu buang-buang waktu untuk ‘window shopping’ ke berbagai stan perusahaan. Anda akan fokus karena hanya mengincar beberapa perusahaan yang menjadi sesuai dengan harapan Anda.

Baca Juga : Job Fair Dulu vs Job Fair Kekinian. Apa yang Anda Harapkan dari Pameran Kerja Masa Kini?

Penyelenggara Job Fair

Kualitas penyelenggara bursa kerja menjadi salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan ketika menghadiri sebuah job fair. Penyelenggara job fair yang berkualitas biasanya mampu menarik minat perusahaan-perusahaan terbaik untuk ikut dalam event yang mereka buat.

Semakin berkualitas perusahaan yang ikut serta maka kualitas lowongan pekerjaan pun akan semakin baik. Oleh karena itu, pastikan penyelenggara job fair yang akan Anda datangi memiliki portofolio event yang cukup baik.

Tidak ada salahnya sebelum mendatangi job fair Anda mencari informasi mengenai penyelenggara dan event yang sudah mereka buat. Sehingga Anda bisa mengetahui perusahaan seperti apa yang akan Anda temukan dalam event tersebut.

Pilih Job Fair Digital  

Job fair dengan menggunakan konsep drop CV bisa dibilang merupakan konsep yang sangat umum dilakukan di Indonesia. Hampir seluruh event job fair di kota-kota besar menggunakan konsep ini selama bertahun-tahun.

Tetapi, berkat kemajuan teknologi, perlahan-lahan konsep tersebut mulai berubah. Konsep job fair yang konvensional mulai beralih ke konsep digital yang  lebih praktis dan juga lebih ramah terhadap pencari kerja.

Anda hanya perlu mendaftar melalui website atau aplikasi, upload CV dan konfirmasi email pendaftaran. Maka Anda sudah siap untuk mencari karir terbaik dalam job fair tersebut.

Dengan menggunakan konsep digital, Anda bisa menikmati event job fair menjadi lebih baik. Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan tenaga sekedar menyimpan CV di booth.

Hal ini akan sangat dimungkinkan karena Anda tidak akan disibukan oleh berbagai hal yang sifatnya remeh temeh. Contohnya mencetak CV, membawa berbagai alat tulis atau berdesakan dalam satu booth untuk menyimpan CV.

Anda juga bisa mengikuti berbagai acara lainnya dengan lebih santai. Seperti mengikuti acara talk show, games dan berbagai aktivitas lainnya yang menarik.  Nah, dengan mengikuti job fair digital tentunya Anda akan semakin mudah dan nyaman untuk mencari pekerjaan dalam event tersebut.

Kabar baik Anda yang ingin merasakan job fair digital, Qareer Carnival kembali hadir di Jakarta pada 25-26 Juli 2018. Qareer Carnival adalah event job fair digital berkonsep paperless yang sudah hadir di berbagai kota besar di Indonesia dengan ribuan pengunjung.

Di acara ini, Anda bisa melamar kerja, mengikuti game, dan juga acara talk show dengan nyaman tanpa perlu repot.  Untuk ikut acara ini cukup mendaftar melalui website pendaftaran Qareer Carnival Jakarta 2018 di sini.

Jangan lupa untuk isi data diri, upload CV dan juga konfirmasi pendaftaran Anda melalui email. Persiapkan diri Anda untuk mendapatkan pengalaman berbeda dalam mencari kerja  –Qerja.com

Baca Juga : Kesalahan Umum yang Biasa Terjadi Saat Mengikuti Job Fair



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next