Infografik: Berapa Gaji Jokowi vs Gaji Pemimpin Negara Lain di Asia Tenggara? | Qerja

Infografik: Berapa Gaji Jokowi vs Gaji Pemimpin Negara Lain di Asia Tenggara?

Qerja, 4 years ago
Infografik: Berapa Gaji Jokowi vs Gaji Pemimpin Negara Lain di Asia Tenggara?

Qerja memang dikenal sebagai sumber informasi gaji untuk berbagai posisi di berbagai perusahaan dan industri. Tapi bagaimana dengan gaji presiden? 

Tak seperti standar gaji di perusahaan yang sering kali dirahasiakan, gaji pejabat negara biasanya malah diumumkan karena tercantum di dalam undang-undang. Di Indonesia, peraturan tentang gaji presiden ini tercantum dalam Keputusan Presiden RI nomor 68 tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan bagi Pejabat Negara Tertentu Presiden RI. 

Menurut Keppres tersebut, Presiden Joko Widodo menerima gaji sebesar Rp62.496.800 sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla digaji sebesar Rp42.548.670. Ini tentu jauh lebih besar dibandingkan gaji rata-rata karyawan menengah di Indonesia. Namun di beberapa negara tetangga, gaji Jokowi tak ada apa-apanya dibanding gaji Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang mencapai Rp1,8 miliar setiap bulannya. Lebih besar dibanding gaji Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang “hanya” 400 ribu USD per tahun, atau Rp485 juta per bulan.

Untuk lebih jelasnya, simak infografik berikut ini tentang perbandingan gaji Presiden Jokowi dengan gaji para pemimpin negara lain di beberapa negara di Asia Tenggara.

INFOGRAFIK LAIN:
Kepuasan Karyawan yang Bekerja di Bank Mandiri
Perbandingan Gaji Wartawan di Media Cetak dan Online di Indonesia
6 Perusahaan dengan Gaji Intern Tertinggi



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next