Empat Langkah Mudah Mengembalikan Kondisi Keuangan Pasca Lebaran | Qerja

Empat Langkah Mengembalikan Kondisi Keuangan Pasca Lebaran

Eka Utami, 7 months ago
Empat Langkah Mengembalikan Kondisi Keuangan Pasca Lebaran

Lebaran memang selalu indentik dengan pengeluaran tanpa batas. Hal ini memang sebuah cukup wajar mengingat kebutuhan Lebaran yang tidak sedikit. Mulai dari makanan, pakaian, hingga biaya mudik ke kampung halaman.

Tidak sedikit karyawan yang sudah mengatur anggaran Lebaran dari gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR). Tetapi, seringkali pengeluaran Lebaran selalu lebih besar daripada yang dianggarkan.

Untuk memenuhi kebutuhan Lebaran tersebut, tidak jarang kita mengambil dana dari pos lain seperti dana darurat atau bahkan tabungan rencana.Hal ini tentunya akan mengganggu kondisi keuangan yang Anda miliki bila tidak diperbaiki secepatnya.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mengembalikan kondisi keuangan pasca lebaran? Beberapa tips berikut bisa Anda terapkan untuk mengatasi hal tersebut.

Cek Kembali Pengeluaran Lebaran

calculator-calculation-insurance-finance-53621

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kembali pengeluaran selama Lebaran. Periksa kembali semua pengeluaran Anda untuk mengetahui kemana saja seluruh dana yang sudah Anda persiapkan habis.

Ketika mengevaluasi semua belanja Lebaran, Anda juga jadi tahu pos pengeluaran yang paling boros dan tidak perlu. Temuan ini bisa jadi bahan pembelajaran agar Anda tidak mengulangi kesalahan dan menjadi prediksi pada Lebaran tahun depan.

Anda juga bisa menelusuri simpanan mana saja yang digunakan untuk menutupi kebutuhan Lebaran. Sehingga Anda bisa menentukan prioritas pos mana yang harus Anda cukupi terlebih dahulu.

Bayar Kewajiban Jangka Pendek

mengembalikan keuangan pasca lebaran
Sumber : Jarmoluk

Bila Anda membiayai kebutuhan Lebaran dengan menggunakan pinjaman pribadi atau kartu kredit. Maka sebaiknya Anda segera menutup kewajiban tersebut secepat mungkin.

Hal ini akan membantu Anda untuk terhindar dari kewajiban yang terus berulang selama beberapa bulan ke depan. Semakin cepat kewajiban Anda selesai maka akan semakin cepat Anda bisa mulai untuk mengembalikan kondisi keuangan yang ideal.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next