Bagaimana Terlihat Profesional Saat Interview | Qerja

Ingin Terlihat Profesional Saat Wawancara Kerja? Begini Caranya

Eka Utami, 3 months ago
Ingin Terlihat Profesional Saat Wawancara Kerja? Begini Caranya

Wawancara merupakan salah satu tahap dalam kegiatan rekrutmen yangyharus Anda hadapi. Tahap ini menjadi sangat penting dan krusial karena bisa menentukan diterima atau tidaknya Anda pada perusahaan tersebut.

Tidak sedikit kandidat yang merasa gugup, sehingga kehilangan kendali diri dan sulit mempertahankan sikap. Padahal, pada proses ini Anda harus tampil profesional di hadapan pewawancara agar bisa membuka peluang diterima kerja lebih besar. Berikut ini adalah lima tips yang bisa Anda lakukan agar terlihat profesional saat wawancara kerja.

Gunakan Pakaian Formal

Pakaian Wawancara Kerja
Sumber: Lukas

Peraturan dan budaya kerja setiap perusahaan memang berbeda satu sama lain. Beberapa perusahaan menerapkan budaya yang sangat formal dalam berpakaian. Ada juga perusahaan yang memberi banyak kebebasan bagi karyawannya bahkan menggunakan kaos dan sandal pun tak masalah.

Agar Anda tidak salah ‘kostum’ sebaiknya Anda menggunakan baju yang formal setiap melakukan proses wawancara kerja. Setidaknya bila memang salah kostum, setidaknya Anda sudah terlihat profesional.

Menggunakan pakaian yang formal juga menunjukan penghargaan Anda kepada interviewer yang akan Anda temui. Jadi, pastikan untuk menggunakan jenis pakaian ini untuk melakukan interview ya.

Datang Lebih Awal

Cobalah datang lebih awal ketika Anda mendapatkan jadwal interview di sebuah perusahaan. Datanglah 10-15 menit lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan untuk melakukan interview.

Dengan melakukan hal ini Anda  bisa bersiap-siap terlebih dahulu untuk menghadapi pewawancara. Selain itu, ketika Anda menunjukkan penghargaan tinggi terhadap waktu, maka pewawancara akan melihat Anda sebagai kandidat yang profesional dan siap kerja.

Agar tidak terlambat mencapai tempat wawancara, tidak ada salahnya untuk sedikit melakukan riset lokasi kantor perusahaan sebelum hari H. Kemudian, Anda bisa berhitung waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dari rumah mencapai tempat tersebut, baik saat kondisi macet atau tidak. Kalau perlu, Anda bisa mencoba rute perjalanan itu.

Baca Juga: Enam Rekomendasi Situs Penyedia Desain CV untuk Anda

Atur Ponsel pada Mode Silence

Anda tidak boleh lupa untuk mengatur ponsel dalam posisi silence sebelum masuk ke ruang wawancara. Jika khawatir getaran telepon genggam akan mengganggu pembicaraan, maka Anda bisa mematikannya sementara.

Mungkin sebagian orang bisa memaafkan apabila ada ponsel berdering di tengah meeting. Namun, bila telepon genggam Anda berbunyi di tengah wawancara kerja, maka akan menimbulkan kesan tidak profesional.

Mengajukan Pertanyaan Relevan

Saat wawancara kerja, Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan bertanya balik dengan baik. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset terhadap perusahaan dan detail pekerjaan. Hasil riset tersebut bisa jadi bahan pertanyaan untuk pewawancara.

Pertanyaan yang bagus akan menunjukkan tingkat kemampuan, pengetahuan dan profesionalitas Anda. Jika melontarkan pertanyaan yang relevan dengan pekerjaan, maka pewawancara akan menilai Anda sebagai kandidat yang serius menginginkan mendapatkan posisi di perusahaan.

Hindari Menjelekkan Perusahaan atau Atasan Terdahulu

Wawancara Kerja
Sumber: Nappy

JIka mendapatkan pertanyaan tentang alasan resign, jangan terpancing untuk menjelekan perusahaan atau atasan terdahulu. Meskipun alasan Anda pindah kerja memang karena situasi yang tidak kondusif di tempat kerja sebelumnya, lebih baik hindari jawaban negatif.

Anda bisa memberi tanggapan bernada positif dan normatif terkait pertanyaan tersebut, misalnya tentang pengembangan diri dan karier. Menjelekan mantan perusahaan dan manajer merupakan sikap yang tidak profesional. Selain itu, perekrut akan berpikir bahwa suatu hari nanti Anda juga akan berbicara negatif tentang perusahaannya.

Selama sesi wawancara kerja, Anda harus tetap bersikap profesional. Pertahankan badan Anda agar tetap tegap, jabat tangan pewawancara dengan erat dan penuh keyakinan, serta berikan senyum penuh percaya diri.

Jika kelima tips diatas masih belum cukup bagi Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda datang ke Qareer Carnival Jakarta 2018. Acara Qareer Carnival Jakarta 2018, akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2018 dan menghadirkan perusahaan-perusahaan terbaik.

Selain bisa mencari lowongan kerja, Anda juga bisa mengikuti acara talkshow “Hack The Interview! How to secure your dream job!”.  Di sesi ini akan dibahas bagaimana cara menghadapi interview kerja yang baik dari para profesional di bidang rekrutmen.

Nah, tentunya ketika bisa menampilkan diri sebagai kandidat yang profesional, maka Anda akan semakin dekat dengan pekerjaan impian. –Qerja

Baca Juga: Lagi Nyari Kerja? Cek Dulu Tiga Hal Ini Sebelum Menghadiri Job Fair



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next