7 Kesalahan Dalam Membuat CV Lamaran Kerja | Qerja

7 Kesalahan Dalam Membuat CV Lamaran Kerja

Riyan Sugandy, 1 year ago
7 Kesalahan Dalam Membuat CV Lamaran Kerja

Curriculum vitae (CV) lamaran kerja merupakan tiket awal untuk mendapatkan sebuah pekerjaan impian. Tetapi, tidak jarang dalam membuat sebuah CV, banyak kandidat melakukan kesalahan yang membuat rekruter tidak berminat untuk memproses kandidat lebih lanjut.

Kesalahan dalam pembuatan CV ini memang cukup sepele dan terkadang tidak disadari oleh kandidat. Tetapi, tidak ada salahnya bila kita sedikit membahasa kesalahan-kesalahan dalan membuat CV yang sering terjadi.

Kesalahan Identitas

kesalahan membuat CV
Sumber : Porapak Achilodilok

Kesalahan fatal yang sering terjadi adalah salah menuliskan identitas pribadi dan juga nomor kontak. Hal ini mungkin dianggap sepele bagi sebagian orang, tetapi terbukti kesalahan ini bisa menjadi sangat fatal.

Rekruter tentunya akan kesulitan untuk menghubungi Anda bila hal ini terjadi dalam CV yang Anda buat ketika melamar. Selain itu, rekruter juga bisa menganggap Anda kurang teliti dan sembrono.

Foto Kurang Meyakinkan

Fungsi dari foto bukan untuk menilai fisik atau tampilan yang Anda miliki, tetapi untuk mempermudah rekruter dalam mengenali Anda. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan foto terbaik yang Anda miliki untuk dilampirkan dalam CV.

Pastikan juga Anda menggunakan foto formal, jangan menggunakan pose yang biasa Anda ungguah untuk Instagram atau Facebook.

Terlalu Banyak Informasi

kesalahan membuat CV
Sumber : Kaboompics

Bila Anda memang orang yang cukup aktif berorganisasi, tidak perlu melampirkan seluruh kegiatan yang Anda ikuti. Pengalaman berorganisasi memang penting, tetapi rekruter tidak perlu tahu Anda pernah menjadi dokter cilik ketika di sekolah dasar.

Sebaiknya berikanlah informasi yang relevan dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar untuk meningkatkan daya tarik Anda di mata rekruter.

Pamer Sertifikat & Seminar

Untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi, tidak jarang kandidat mengikuti pelatihan dan seminar. Hal ini memang menunjukkan bahwa Anda senang untuk belajar dan mengetahui berbagai macam hal yang baru.

Tetapi tidak seluruh kegiatan ini wajib Anda beritahukan kepada perusahaan. Bila Anda ingin menginformasikan kepada rekruter, pilihlah sertifikasi yang cukup bergengsi dan sesuai dengan pekerjaan Anda nantinya.

Terlalu Banyak Halaman

Anda harus menyadari bahwa rekruter juga manusia biasa yang tidak bisa mengolah banyak informasi dalam satu waktu. Terkadang dalam satu lowongan bisa menerima ribuan pendaftar yang harus diperiksa satu persatu.

Oleh karena itu, pastikan CV yang Anda kirim tidak menggunakan terlalu banyak halaman. Sebaiknya CV dibuat maksimal sampai dua halaman saja, tetapi bisa mencakup seluruh informasi penting dan relevan dengan pekerjaan.

Memuat Informasi Palsu

kesalahan membuat cv

Kesalahan ini bisa dibilang sangatlah fatal karena pihak rekruter bisa saja mengecek kebenaran informasi yang Anda cantumkan dalam CV. Hanya cantumkan informasi yang benar-benar valid dan Anda lakukan, terutama dalam bagian pengalaman kerja.

Bila pihak rekruter mengetahui kebohongan dalam CV Anda, tentunya akan berakibat sangat buruk bagi reputasi Anda sendiri.

Desain CV Tidak Menarik

Desain CV memang bukan sebuah penilaian utama bagi rekruter untuk memanggil seorang kandidat. Tetapi, bila desain CV yang Anda buat sulit untuk dibaca dan nyaman di mata rekruter tentunya rekruter akan malas membaca CV Anda.

Gunakanlah font dan warna yang sifatnya formal dan profesional sehingga mudah dibaca oleh rekruter. Bila Anda ingin menambahkan beberapa grafis dalam CV Anda, pastikan tidak mengganggu informasi yang ada di dalam CV tersebut.

Untuk menghindari kesalahan lainnya dalam membuat CV, tidak ada salahnya bagi Anda untuk hadir dalam event job fair Qareer Carnival 2018 Jakarta. Karena di event ini akan ada talkshow yang membahas bagaimana cara menarik perhatian rekruter melalui CV yang Anda miliki.

Tentunya talkshow ini akan sangat membantu Anda untuk membuat CV Anda menjadi lebih baik di mata rekruter. Qareer Carnival 2018 Jakarta akan dilaksanakan pada 25-26 Juli 2018 di Gedung Patra Jasa, Jakarta. Untuk hadir ini event ini, cukup daftar di link berikut (Daftar Qareer Carnival 2018).

Semakin baik CV yang Anda buat, tentunya akan semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. -Qerja

Baca Juga : Ingin Terlihat Profesional Saat Wawancara Kerja? Begini Caranya



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next