Melamar Kerja Makin Mudah Via Situs Job Listing | Qerja

Melamar Kerja Makin Mudah Via Situs Job Listing

Eka Utami, 1 year ago
Melamar Kerja Makin Mudah Via Situs Job Listing

Situs job listing adalah salah satu media yang sering digunakan pencari kerja untuk mendapatkan tempat berkarier. Kepopuleran situs job listing di kalangan job hunter tergambar pada survei dari DailySocial dan JakPat berjudul Job Recruitment Services Survey 2017.

Berdasarkan survei yang melibatkan 994 responden tersebut, sebagian besar partisipan menggunakan berbagai situs job listing untuk menemukan lowongan kerja yang sesuai.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa masih ada sekitar 28,27 persen responden yang mengaku tidak atau belum memanfaatkan situs job listing untuk mencari kerja.

Padahal, jika menggunakan situs job listing, para pencari kerja tersebut bisa mendapat kemudahan untuk informasi lowongan hingga mengirimkan lamaran.

Buat Anda yang belum pernah menggunakan situs job listing dan mulai melirik media ini untuk menemukan pekerjaan impian, berikut langkah-langkah melamar kerja via job listing.

Membuat Akun

Mencari Kerja Via Job Listing
Sumber: Tranmautritam

Agar bisa melamar kerja dan memanfaatkan layanan situs job listing dengan optimal, Anda harus membuat akun. Tenang saja, Anda tidak akan dipungut bayaran apa pun untuk membuat akun di situs job listing.

Pemilik akun akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti iklan lowongan sesuai resume yang dikirim melalui email, serta informasi program khusus dan Management Trainee perusahaan nasional dan multinasional.

Anda bisa mendaftarkan diri sebagai pengguna situs dengan hanya mengisi data nama, alamat email, dan password. Setelah selesai mendaftar, Anda akan diminta untuk mengecek email agar bisa mengaktifkan akun.

Mengisi Data

Setelah mengklik aktivasi akun atau meng-copy kode khusus di email, Anda akan langsung masuk kembali ke situs job listing. Di situs job listing, Anda akan disodorkan dengan dua pilihan: melengkapi resume atau langsung mencari lowongan kerja.

Jika memilih melengkapi resume terlebih dahulu, Anda akan diminta untuk mengisi data diri, riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Pastikan Anda mengisi data ini dengan benar sebelum melamar kerja.

Berdasarkan data pada resume ini, maka situs job listing akan mencarikan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Baca Juga: Cek Empat Hal Ini Sebelum Kirim Surat Lamaran

Melengkapi Data Profil

Di beberapa situs job listing, Anda bisa melengkapi resume dengan curriculum vitae yang diunggah sendiri. Anda juga bisa menambah foto, sertifikasi, dan dokumen pendukung lainnya.

Namun, bagian ini tidak wajib diisi. Jika merasa tidak perlu menambah data, Anda bisa melewati tahapan ini dan langsung mencari lowongan kerja di situs job listing.

Mencari informasi lowongan kerja

Setelah melengkapi resume, situs job listing akan langsung menampilkan iklan lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi Anda. Mereka akan menyodorkan pilihan berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, hingga permintaan gaji yang Anda harapkan.

Jika tidak cocok dengan hasil pencarian dari situs job listing, maka Anda bisa mencari informasi lowongan kerja secara manual. Anda bisa menelusuri lowongan kerja berdasarkan posisi, industri, bidang, perusahaan, dan lokasi tempat kerja.

Setiap iklan lowongan kerja biasanya memuat informasi posisi, nama perusahaan, syarat, dan bahkan kisaran gaji. Pilih kategori yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Melamar Kerja

Melamar Kerja Via Job Listing
Sumber: Rawpixel.com

Apabila sudah menemukan iklan lowongan kerja yang sesuai, Anda harus melakukan beberapa pengecekan persyaratan, deskripsi kerja, tawaran gaji, hingga lokasi kantor. Apabila syarat dasar sudah terpenuhi, jangan lupa periksa kebenaran perusahaan.

Jika nama perusahaan tidak familiar, Anda bisa membaca profil singkat perusahaan di situs job listing atau mencari tahu informasi lain tentang perusahaan melalui situs pencari. Kalau lowongan pekerjaan tersebut dirasa sudah sesuai dengan keinginan, maka Anda tinggal mengklik “lamar” atau “apply”pada bagian bawah iklan.

Melamar kerja via job listing sebenarnya tidak sulit. Pada dasarnya, Anda hanya diminta melengkapi data diri, dan biarkan situs job listing melakukan sisa pekerjaan rumah Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari kesempatan kerja terbaru, tidak ada salahnya juga untuk mendaftar Qareer Carnival 2018 Jakarta pada tanggal 25-26 Juli 2018. Acara ini akan menghadirkan lowongan pekerja dari sekitar 50 perusahaan peserta dari berbagai macam industri. Selamat mencari kerja! -Qerja

Baca Juga: Lima Cara Mudah Mencari Info Lowongan Kerja Saat Ini

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next