Tips Mengisi Pengalaman Kerja yang Kosong di CV Fresh Graduate | Qerja

Tips Mengisi Pengalaman Kerja yang Kosong di CV Fresh Graduate

Eka Utami, 12 months ago
Tips Mengisi Pengalaman Kerja yang Kosong di CV Fresh Graduate

Fresh graduate memang belum memiliki pengalaman kerja selepas lulus dari bangku kuliah. Namun, jangan biarkan hal ini menjadi sebuah penghalang bagi Anda untuk mulai mencari pekerjaan.

Untuk mengganti pengalaman kerja dalam sebuah CV, ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan. Berikut beberapa pengalaman yang bisa mengisi kekosongan CV Anda.

Pengalaman Magang

Magang
Sumber: Designecologist

Menjelang semester akhir perkuliahan, biasanya Anda diminta untuk mengikuti program magang di perusahaan atau kuliah kerja nyata. Pengalaman magang yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar bisa dimasukkan pada CV sebagai salah satu pengalaman kerja.

Meskipun hanya magang, tapi Anda bisa menonjolkannya di CV dengan menuliskan beban dan tanggung jawab yang diemban selama bekerja. Anda juga boleh menyebutkan beberapa pencapaian yang diraih selama magang. Dengan begitu, perekrut bisa menilai kesiapan kandidat untuk melakukan pekerjaan sehari-hari di kantor.

qc-jkt-2019

Pengalaman Usaha

Jika pernah menjalani usaha selama kuliah atau mencoba menjadi wiraswasta setelah lulus, maka Anda akan mendapat pelajaran berharga. Walau usaha berakhir dengan kegagalan, setidaknya Anda punya pengalaman menjalankan bisnis. Anda akan tahu cara menjadi pemimpin, menghitung keuntungan, mengatur sumber daya, dan bertanggungjawab atas setiap langkah bisnis yang diambil.

Tulis pengalaman Anda selama menjadi wiraswasta berikut jenis bisnis yang dikerjakan di lembar CV. Perekrut akan percaya bahwa Anda memiliki kemampuan leadership yang mumpuni. Calon atasan juga bisa mengandalkan Anda untuk memberi pertimbangan sebelum mengambil keputusan terkait bisnis.

Baca Juga: Tips Memulai Karier Untuk Fresh Graduate

Kerja Paruh Waktu

Ada banyak jenis kerja paruh waktu yang bisa dilakukan fresh graduate sebelum mendapatkan pekerjaan tetap. Anda bisa melamar sebagai pelayan restoran hingga terlibat pada satu acara sebagai liaison officer. Anda bisa mengemukakan bagaimana kerja paruh waktu telah meningkatkan soft skill.

Jika pernah bekerja paruh waktu sebagai pelayan atau tukang cuci piring di restoran, maka Anda punya pengalaman terkait pelayanan konsumen. Anda telah belajar bersikap sebagai bawahan dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin sesuai arahan atasan. Sementara itu, jika memilih jenis pekerjaan paruh waktu sebagai liaison officer, maka Anda bertanggungjawab memastikan acara yang sudah disusun panitia berjalan dengan baik.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next