Apa Saja Manfaat BPJS Ketenagakerjaan | Qerja

Apa Saja Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja

Riyan Sugandy, 12 months ago
Apa Saja Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja

Menyediakan Jaminan sosial tenaga kerja merupakan salah satu kewajiban perusahaan kepada pekerjanya. Sesuai UU yang berlaku, jaminan sosial ini dilakukan perusahaan melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Bila Anda masih belum memahami seluk beluk mengenai BPJS Ketenagakerjaan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai jaminan sosial yang satu ini.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Seluruh pekerja di Indonesia pada dasarnya bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan baik pekerja formal maupun pekerja informal. Untuk pekerja formal tentunya iuran per bulannya dibebankan kepada perusahaan dan juga pegawainya.

Sedangkan untuk pekerja informal yang tidak bekerja di bawah sebuah perusahaan, iuran dibayarkan secara mandiri oleh pekerja tersebut.

qc-jkt-2019

Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Proses pendaftaran ini bisa dilakukan secara online ataupun langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa data perusahaan dan juga data pribadi peserta.

Pendaftaran secara online bisa dilakukan melalui situs bpjsketenagakerjaan.go.id dan mengisi form yang sudah disediakan. Setalah mengisi form tersebut, Anda tinggal membawa dokumen ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk verifikasi berkas peserta.

Untuk pendaftaran secara mandiri, Anda harus membawa foto, KTP pribadi, surat ijin usaha dari RT/RW, dan Kartu Keluarga masing-masing peserta. Sedangkan untuk pendaftaran melalui perusahaan, Anda harus melampirkan data perusahaan selain data pribadi peserta. Data perusahaan yang harus disertakan diantaranya seperti Surat Ijin Usaha Perdangangan,  Akta Pendirian dan juga NPWP.

Jaminan BPJS Ketenagakerjaan

Pada dasarnya ada empat jenis program yang bisa digunakan dalam BPJS Ketenagakerjaan yaitu :

  • Jaminan Kecelakaan Kerja

Jaminan ini ditujukan untuk memberikan jaminan kepada pekerja jika terjadi risiko kecelakaan saat bekerja. Jaminan ini mencakup segala risiko yang terjadi mulai dari berangkat bekerja hingga Anda kembali lagi ke rumah.

  • Jaminan Hari Tua

Pilihan Jaminan Hari Tua merupakan jaminan yang bisa diterima oleh peserta ketika sudah memasuki usia pensiun. Peserta akan menerima hasil pengembangan dan juga iuran yang dibayarkan selama menjadi peserta. Untuk penjelasan lebih lengkap bisa di lihat melalui halaman Program Jaminan Hari Tua.

  • Jaminan Pensiun

Jaminan Pensiun merupakan jaminan yang diberikan kepada peserta ketika sudah memasuki usia pensiun. Berbeda dengan JHT, jaminan pensiun ini dibayarkan selama per bulan maksimal hingga 180 bulan sejak peserta pensiun. Keuntungan utamanya adalah jaminan ini bisa diturunkan ke anak peserta bila peserta meninggal dunia.

  • Jaminan Kematian

Jaminan ini memberikan bantuan dana jika peserta mengalami kematian bukan karena kecelakaan kerja. Santunan ini akan diberikan secara langsung kepada ahli waris dari peserta. Untuk informasi lengkap mengenai program jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan bisa dibaca di halaman Program Jaminan Kematian. 

Bila informasi diatas masih kurang lengkap untuk Anda, untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang seharusnya Anda dapatkan dari perusahaan, tidak ada salahnya bila Anda mengikuti talkshow ‘Learn Your Rights! Understanding Your Happiness At Work’ di Qareer Carnival Jakarta 2018.

Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2018 di Gedung Patra Jasa, Jakarta. Untuk mengikuti acara ini Anda hanya perlu mendaftar di halaman Qareer Carnival Jakarta 2018 dan mengisi data diri serta CV terakhir Anda.

Acara ini akan membahas apa saja yang menjadi hak pegawai di tempat kerjanya, termasuk di dalamnya mengenai penyelenggaraan jaminan sosial. Talkshow ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kewajiban perusahaan yang satu ini.

Dengan adanya jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan, menjadikan para pekerja bisa lebih tenang bekerja. Tentunya kita pun berharap agar tidak ada kecelakaan kerja yang menimpa kepada para pekerja di Indonesia. – Qerja

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next