Aplikasi Smartphone Untuk Produktivas Kerja | Qerja

Aplikasi Smartphone untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

Eka Utami, 5 months ago
Aplikasi Smartphone untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone untuk berkomunikasi. Namun, kegunaan telepon pintar tidak berhenti sampai di situ. Sebagai karyawan cerdas, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk membantu urusan pekerjaan.

Untuk itu, Anda perlu meng-install aplikasi yang bisa mendukung dan memudahkan pekerjaan. Berikut aplikasi smartphone yang bisa membuat karyawan lebih produktif dan bekerja lebih efektif.

Brain Focus

aplikasi smartphone
Sumber : Google Play

Brain Focus Productivity Timer adalah aplikasi smartphone yang membantu Anda mengatur waktu kerja dengan teknik pomodoro. Teknik yang dikembangkan Francesco Cirillo ini mengajarkan agar seseorang membagi waktu kerja menjadi beberapa sesi. Setiap sesi kerja berlangsung selama 25 menit yang diselingi istirahat selama 5 menit.

Saat memulai menggunakan aplikasi Brain Focus, Anda harus men-setting ulang waktu kerja selama 25 menit, istirahat 5 menit, atau ditambah jam istirahat lama 20 menit. Aplikasi ini akan menjaga Anda tetap fokus selama sesi kerja dn mengingatkan saat istirahat tiba.

Brain focus juga membantu Anda menghilangkan kebiasaan multitasking selama bekerja. Anda juga akan berlatih menahan diri untuk tidak mengalihkan perhatian ke media sosial saat bekerja.

Evernote

aplikasi smartphone
Sumber : Make Use Everything

Buat Anda yang selalu disibukkan dengan banyak pekerjaan, maka memerlukan aplikasi catat-mencatat seperti Evernote di smartphone. Aplikasi ini membantu pebisnis mengingat banyak hal, mulai dari tugas harian hingga hasil rapat.

Aplikasi Evernote dilengkapi dengan banyak fitur. Anda bisa mengetik teks dan menandai setiap tugas dengan bullet points. Jika tidak sempat mengetik, Evernote juga bisa mengubah kata-kata yang Anda suarakan dan mengubahnya menjadi teks. Bahkan, Anda juga bisa merekam suara dan gambar, serta mengambil foto dengan Evernote.

Sebagai tambahan, Anda pun bisa menyimpan data di aplikasi Evernote yang berbasis komputasi awan. Catatan tersebut dapat Anda bagikan kepada pengguna Evernote yang lain.

Baca Juga: Memanfaatkan Smartphone Agar Kerja Tim Lebih Efisien

Trello

Sumber : Google Play
Sumber : Google Play

Trello biasa digunakan untuk manajemen proyek. Aplikasi smartphone ini cocok untuk Anda yang bekerja dengan sebuah kelompok. Aplikasi Trello sangat membantu kerja tim yang anggotanya tidak berada dalam satu divisi atau kantor cabang yang sama.

Manajer yang menggunakan aplikasi Trello bisa memulai dengan membuat “board” berisi pekerjaan, pembagian tugas pada anggota tim, dan menuliskan tenggat tiap pekerjaan. Jika seseorang menandai tugas yang telah selesai dilakukan, maka rekan kerja bisa mengetahui perkembangan tersebut dari notifikasi yang dikirim dari aplikasi.

Sebagai bonus, Trello juga menyediakan fitur untuk mengunggah lampiran, gambar, teks, dan lain sebagainya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next