Tujuh Persiapan Wajib Sebelum Interview Kerja | Qerja

Tujuh Persiapan Wajib Sebelum Interview Kerja

Eka Utami, 1 year ago
Tujuh Persiapan Wajib Sebelum Interview Kerja

Proses interview kerja merupakan proses rekrutmen terakhir yang biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam memilih pegawainya. Proses ini cukup krusial dan penting karena menentukan apakah Anda bisa mendapatkan posisi yang Anda inginkan.

Bila Anda sudah mendapatkan jadwal interview, sebaiknya Anda menyiapkan diri lebih matang untuk proses yang satu ini. Jadi, daripada menunggu dalam diam dan harap cemas, lebih baik Anda melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi seleksi kerja berikut ini.

Mempelajari Perusahaan

Riset Perusahaan
Sumber: Startupstockphotos.com

Meskipun Anda melamar ke perusahaan ternama yang sudah familiar, tapi pekerjaan rumah untuk mempelajari calon tempat kerja tetap diperlukan untuk menghadapi seleksi kerja. Anda bisa berselancar di dunia maya dan mencari tahu kabar terkini tentang perusahaan melalui situs pencari. Anda juga bisa langsung mengulik di situs resmi perusahaan.

Beberapa informasi penting yang mesti Anda dapatkan antara lain latar belakang dan misi perusahaan, hal-hal terkait produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan, serta press release terbaru tentang perkembangan perusahaan. Informasi tersebut bisa jadi bahan untuk Anda mengajukan pertanyaan di akhir sesi wawancara kelak.

Latihan Interview

Latihan wawancara kerja bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan cermin atau kamera. Dari refleksi yang ditampilkan di cermin dan di dalam video, Anda bisa menilai apakah gestur dan cara menjawab sudah sesuai dengan panduan wawancara kerja.

Selain itu, Anda juga bisa membuat flash card berisi daftar pertanyaan yang biasa dilontarkan perekrut. Anda bisa menjawab flash card secara acak untuk mengetes kesiapan menghadapi pertanyaan tak terduga.

Anda juga bisa meminta tolong teman atau saudara untuk membantu berlatih wawancara. Anda dapat mengajak mereka untuk bermain peran dan berpura-pura menjadi pewawancara. Setelah latihan selesai, mintalah pendapat, penilaian, dan masukan dari mereka tentang penampilan Anda.

Cari Tahu Job Desc

Wawancara kerja juga merupakan cara perusahan mengetahui seberapa paham calon kandidat mengenai pekerjaan yang dilamarnya. Bila Anda memiliki pengalaman tentunya bukan sebuah masalah. Lalu, bagaiman bila Anda seorang fresh graduate?

Dalam setiap lowongan pekerjaan biasanya disebutkan keahlian apa saja yang dibutuhkan dalam posisi tersebut. Oleh karena itu cobalah mempelajari kembali apa saja yang harus Anda ketahui untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Tips Mengisi Pengalaman Kerja yang Kosong di CV Fresh Graduate

Ikut Pelatihan Tambahan

Anda bisa meninjau kembali persyaratan kandidat pekerja yang diinginkan perusahaan dan menyesuaikannya dengan kualifikasi diri. Jika merasa belum memenuhi semua permintaan perusahaan, maka Anda bisa mengambil kursus singkat terkait keterampilan dan keahlian kerja yang relevan selama menunggu panggilan untuk seleksi kerja.

Setelah lulus kursus, Anda akan dapat sertifikat yang bisa ditunjukkan pada perekrut pada saat wawancara kerja mendatang. Meskipun Anda gagal mendapat panggilan kerja kali ini, sertifikat itu bisa digunakan untuk melamar kerja berikutnya.

Membersihkan Media Sosial

Tahukah Anda bahwa perekrut zaman sekarang akan menelusuri kandidat pegawai sampai ke akun media sosial? Maka dari itu, Anda harus waspada dan lebih bijak saat menjadi netizen.

Jika punya banyak waktu luang, Anda bisa melihat kembali postingan di media sosial. Kemudian, hapus unggahan dan sampah digital yang tidak perlu dan berpotensi merusak citra positif Anda.

Merencanakan Pakaian untuk Wawancara

Pakaian Wawancara Kerja
Sumber: Pixabay.com

Hasil riset Anda tentang perusahaan dan budaya kerjanya bisa menjadi dasar untuk menentukan pakaian yang akan dikenakan saat wawancara kerja nanti. Mulai sekarang Anda bisa membongkar lemari pakaian untuk memadukan pakaian yang cocok dikenakan saat wawancara kerja nanti.

Apabila perusahaan besar dengan lingkungan kerja yang “tradisional”, maka pilihlah setelan dengan warna netral yang akan memberikan kesan profesional dan formal. Namun, Anda bekerja di industri kreatif, biasanya boleh menggunakan pakaian yang lebih casual untuk menghadiri wawancara. Jangan sampai Anda datang ke wawancara dengan tampil terlalu “berat” dengan setelan jas saat berhadapan dengan calon atasan yang santai.

Menjaga Kesehatan

Anda tidak akan pernah tahu kapan panggilan wawancara kerja akan datang. Anda tidak mau kehilangan kesempatan hanya karena sakit pada hari H.

Maka, Anda harus berusaha menjaga kesehatan dengan pola makan teratur, berolahraga, dan tidur yang cukup. Kondisi fisik yang fit akan mendukung Anda dalam menjalani setiap proses seleksi kerja sampai tes kesehatan.

Bila Anda ingin mencoba langsung untuk melakukan interview, maka Qareer Carnival 2018 Jakarta bisa menjadi ajang yang tepat untuk Anda. Karena di acara ini akan dilaksanakan proses Walk-In Interview dari beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaa.

Acara ini diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-26 Juli 2018 di Gedung Patra Jasa, Jakarta. Bagi Anda yang ingin ikut serta cukup daftar Qareer Carnival 2018 Jakarta dan upload CV terbaru Anda.

Jangan sia-siakan waktu Anda selama menunggu panggilan kerja. Dengan melakukan berbagai persiapan tersebut, Anda akan selalu sedia bila mendapat telepon dari perusahaan untuk seleksi kerja. –Qerja

Baca Juga: Ingin Terlihat Profesional Saat Wawancara Kerja? Begini Caranya



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next