Penyakit yang Perlu Diwaspadai Pada Usia 30an | Qerja

Penyakit yang Perlu Diwaspadai Pada Usia 30-an

Eka Utami, 2 years ago
Penyakit yang Perlu Diwaspadai Pada Usia 30-an

Usia 30-an merupakan usai yang sudah cukup rentan bagi seorang pegawai. Karena pada usia ini biasanya banyak penyakit datang akibat gaya hidup pekerja yang tidak sehat. Hal itu terjadi karena kesibukan kerja dan aktivitas lainnya yang membuat kita tak sempat memperhatikan makanan dan juga berolahraga.

Untuk mengantisipasi berbagai masalah kesehatan di kemudian hari, Anda perlu tahu tentang penyakit yang bisa mengancam saat memasuki usia kepala tiga. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pada usia 30-an.

 Darah Tinggi

Penyakit Usia 30-an
Sumber: Pixabay

Penyakit darah tinggi bisa menyerang Anda yang berusia 30-an. Penderita penyakit darah tinggi di tempat kerja biasanya disebabtkan obesitas dan riwayat keluarga.

Untuk mengetahui kecenderungan obesitas, Anda perlu menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT normal berkisar 18,5-22,9 kg/m2. Jika IMT melebihi normal, maka Anda memiliki berat badan berlebih dan berisiko terkena penyakit yang disebabkan obesitas.

Anda perlu mewaspadai dan mencegah datangnya penyakit hipertensi dengan menurunkan berat badan dengan cara diet dan berolahraga. Beberapa jenis olahraga sederhana yang cocok untuk mengendalikan tekanan darah antara lain  naik turun tangga, jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, dan menari.

Asam Urat

Jika sering mengonsumsi makanan seperti jeroan, hidangan laut, dan daging merah terlalu banyak pada usia muda, maka Anda perlu mewaspadai datangnya penyakit asam urat pada usia 30-an. Makanan tersebut akan menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh.

Asam urat yang menumpuk akan membentuk kristal tajam dan menusuk persendian terutama di sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Anda akan merasa nyeri dan panas di sekitar persendian tersebut.

Cara meredakan sakit sendi akibat asam urat, Anda bisa enempelkan es pada bagian yang sakit. Untuk mencegah penyakit persendian ini kambuh kembali, sebaiknya hindari makanan pemicu asam urat.

Baca Juga: 10 Penyakit Serius yang Sering Diderita Pegawai Kantoran

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 bisa terjadi karena tubuh tidak  bisa memanfaatkan insulin dengan baik sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang yang kelebihan berat badan dan kurang gerak.

Menurut hasil penelitian Julianne van der Berg dari Maastricht University in the Netherlands yang dikutip dari situs Webmd.com, tidak aktif selama berjam-jam bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Jadi, bila Anda sering duduk terlalu lama di depan komputer atau menonton televisi maka perlu mewaspadai penyakit diabetes tipe 2.

Untuk mencegah diabetes tipe 2, Anda yang sudah berusia 30-an perlu meluangkan waktu berolahraga agar menjaga berat badan ideal. Anda juga perlu memilih makanan dengan bijak. Hindari makan makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Sementara itu, Anda bisa memilih makanan sehat yang membantu kerja insulin seperti ikan dan kayu manis.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next