Ask the Expert: Lulusan S2 Susah Dapat Kerja | Qerja

Ask the Expert: Lulusan S2 Susah Dapat Kerja

Qerja, 4 years ago
Ask the Expert: Lulusan S2 Susah Dapat Kerja

“Saya lulus kuliah tahun lalu dan langsung lanjut ambil S2. Tapi saya dengar, perusahaan biasanya tidak mau ambil karyawan yang gelarnya S2 tapi tak punya pengalaman kerja. Apa yang bisa saya lakukan supaya setelah lulus nanti tidak terlalu sulit dapat kerja?Dimas, Bandung

—–

Hai Dimas,

Yang bisa kamu lakukan sekarang adalah get internships. Banyak perusahaan membuka kesempatan magang untuk mahasiswa dan bisa dikerjakan sambil kuliah. Bahkan jika magangnya tidak sesuai dengan bidang studi kamu, tapi kamu bisa belajar dan mendapatkan pengalaman darinya, kenapa tidak?

Selain untuk pengalaman, tujuan magang adalah untuk meningkatkan exposure kita di mata perusahaan. Jadi, makin banyak pengalaman magang yang bisa kamu dapatkan, semakin banyak pula pengalaman kerja yang bisa jadi nilai jual kamu, dan makin besar kemungkinan kamu dilirik oleh perusahaan idaman.

Tidak usah malu atau gengsi karena bergelar S2 tapi masih magang. S1 atau S2, for me it doesn’t matter so much, karena yang penting adalah pengalaman kerjanya. Gelar S2 tidak menjamin kamu akan lebih sukses dibanding rekan-rekan yang lain, and sometimes additional experience can be more useful than educational education.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next