Bagaimana Menyiasati Keuangan Di Tanggal Tua | Qerja

Bagaimana Menyiasati Keuangan Di Tanggal Tua

Eka Utami, 1 year ago
Bagaimana Menyiasati Keuangan Di Tanggal Tua

Tanggal tua kerap menjadi momok bagi karyawan yang hanya mengandalkan gaji bulanan. Menjelang akhir bulan, karyawan menyadari bahwa keuangan sudah menipis, namun masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan keinginan yang ingin diwujudkan.

Untuk itu, seorang karyawan harus pandai-pandai mengatur keuangan di akhir bulan agar mencukupi semua kebutuhan sampai hari gajian berikutnya. Berikut beberapa tips agar Anda tidak tekor pas tanggal tua.

Masak Sendiri

Masak Sendiri Agar Tidak Tekor
Sumber: Pixabay

Salah satu pengeluaran harian yang cukup besar adalah biaya makan. Pada tanggal tua, sebaiknya Anda memasak makanan sendiri untuk memenuhi kebutuhan tiga kali makan dalam sehari. Sementara, Anda perlu menahan keinginan makan di luar rumah agar tidak perlu tekor karena harus mengeluarkan uang untuk biaya pelayanan dan pajak restoran.

Jika memasak makanan setiap hari terasa merepotkan, Anda bisa menyiasatinya dengan menyiapkan bahan-bahan masakan di akhir pekan. Bahan makanan yang sudah disiangi lalu dipisahkan di dalam beberapa wadah dan disimpan di lemari pendingin. Jadi, Anda bisa menyiapkan sarapan, makan siang, dan bahkan sampai makan malam dalam waktu singkat di pagi hari.

Bawa Bekal Makan Siang

Dengan membawa bekal makan siang sendiri, Anda sudah bisa memangkas sebagian dari pengeluaran harian. Jadi, Anda tidak perlu tekor mengeluarkan biaya makan, dan hanya harus membayar ongkos perjalanan di tanggal tua.

Meski membawa bekal makan siang sendiri, Anda tidak harus menyantapnya di meja kerja. Anda bisa makan siang di ruang terbuka hijau dekat kantor. Anda juga bisa mengajak beberapa teman yang membawa bekal untuk makan di salah satu ruangan kantor yang tidak terpakai.

Kurangi Jajan

Anda juga harus bisa menghilangkan pengeluaran yang tidak penting dari rencana anggaran di tanggal tua. Salah satunya dengan menahan diri dari kebiasaan jajan makanan atau minuman yang bisa bikin tekor.

Pada tanggal tua, Anda tidak perlu membeli kopi dari kedai yang biasa. Sebagai gantinya, Anda bisa menyeduh kopi sendiri di pantry. Jika terbiasa jajan gorengan atau martabak menjelang sore hari, kini ganti kebiasaan itu dengan membawa camilan sendiri.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami