Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan | Qerja

Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Eka Utami, 2 years ago
Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Kehidupan seorang pegawai memang sangat bergantung kepada gaji yang diterimanya sebagai sumber penghasilan. Terkadang, gaji yang diterima pegawai tidak berbanding lurus dengan kebutuhannya dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Untuk menyiasati hal ini tidak sedikit pekerja yang juga memiliki usaha sampingan agar bisa menutupi kebutuhan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha sampingan bagi karyawan yang mungkin bisa Anda juga lakukan untuk sedikit menambah pemasaukan setiap bulannya. Tetapi, Sebelum memilih dan menjalankan usaha sampingan, Anda perlu memikirkan kesiapan diri sendiri dan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Online Shop

Online Shop sebagai Usaha Sampingan Karyawan
Sumber: Negative Space

Anda bisa membuka toko online sendiri yang menjual berbagai produk yang diminati masyarakat, seperti makanan atau pakaian. Sebagai karyawan yang sudah cukup sibuk dengan pekerjaan, Anda tidak perlu memproduksi sendiri barang yang akan dijual di toko online, tapi bisa menjadi reseller produk orang lain. Manfaatkan akun media sosial Anda untuk berjualan dan promosi kepada keluarga, tetangga dan teman kerja.

Tantangan bisnis toko online untuk karyawan adalah soal respon terhadap pelanggan dan pengiriman barang. Sebagai pegawai, Anda tidak mungkin menjawab setiap pertanyaan calon pembeli setiap saat. Luangkan waktu khusus, saat coffee break atau istirahat makan siang untuk merespon pelanggan Anda. Sementara untuk pengiriman barang, Anda bisa lakukan setelah pulang kantor dan memanfaatkan jasa ekspedisi 24 jam.

Pengemudi Transportasi Online

Jika Anda punya kendaraan pribadi, maka bisa mencari tambahan penghasilan dengan menjadi pengemudi transportasi online. Anda bisa mencari penumpang saat berangkat dan pulang kantor. Kalau bisa, pilihlah calon penumpang dengan tujuan akhir yang sama dengan Anda sehingga tidak harus memutar jauh untuk mencapai tujuan sendiri. Bila ingin mendapat penghasilan lebih banyak lagi, Anda bisa bekerja sebagai pengemudi transportasi online di akhir pekan.

Untuk menjadi pengemudi transportasi online yang baik, Anda perlu memahami cara menggunakan aplikasi navigasi, dan berusaha mengenali banyak jalan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan tersasar dan terjebak kemacetan yang membuat perjalanan semakin lama. Anda juga harus rajin melakukan perawatan berkala pada kendaraan agar tidak mogok saat ada penumpang.

Menjual Pulsa dan Paket Data

Pulsa dan paket data menjadi salah satu kebutuhan utama bagi pengguna telepon pintar. Sebagian orang juga membutuhkan pulsa listrik di rumah. Jika pulsa dan paket data habis di tengah hari kerja, maka seseorang akan sulit untuk mengisinya kembali. Anda bisa melihat fenomena ini sebagai peluang usaha dengan menjadi penjual pulsa dan paket data di kantor.

Keuntungan yang diperoleh dari hasil menjual pulsa atau paket data tidak terlalu banyak. Jadi, kalau mau mendapat penghasilan dalam jumlah besar dari usaha sampingan ini, Anda harus berusaha mencari banyak pelanggan. Saat memulai menjadi penjual pulsa dan paket data, Anda bisa menyasar rekan kerja sebagai calon konsumen. Berikan pelayanan yang cepat, tepat dan memuaskan, maka pelanggan pulsa Anda di kantor akan mempromosikan kepada orang lain.

Baca Juga: 6 Keuntungan Kerja Sampingan bagi Karyawan Kantor

Penulis Lepas

Anda juga bisa menjadikan hobi sebagai usaha sampingan. Jika Anda suka menulis, maka bisa menjadi penulis lepas untuk mengisi artikel blog, situs, dan berbagai media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi penulis lepas dengan bergabung di situs marketplace atau mencari informasi lowongan di situs atau media tertentu.

Meski sudah sibuk dengan pekerjaan sebagai karyawan, namun Anda harus tetap berkomitmen pada pekerjaan sampingan sebagai penulis. Anda harus memenuhi tuntutan deadline yang ditetapkan editor. Jadi, jika Anda berniat menjadi penulis lepas, maka bersiaplah untuk mengorbankan waktu luang Anda setelah pulang kantor atau di akhir pekan untuk menulis.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next