Pilihan Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor | Qerja

Pilihan Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor

Eka Utami, 2 years ago
Pilihan Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor

Pekerja kantoran selalu punya alasan untuk tidak melakukan olahraga. Padahal ada banyak pilihan latihan ringan yang bisa dilakukan di kantor. Berbagai macam gerakan sederhana tersebut bisa membantu karyawan yang sibuk untuk tetap sehat dan menjaga berat badan.

Untuk melakukan olahraga ringan di kantor, karyawan tidak perlu membawa alat khusus. Karyawan hanya perlu memanfaatkan beberapa peralatan kantor dan bagian ruangan gedung, serta kemauan yang kuat. Berikut pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor.

Naik-Turun Tangga Kantor

Salah satu olahraga ringan yang mudah dilakukan di kantor adalah naik dan turun tangga. Anda tidak perlu waktu khusus untuk menyempatkan diri melakukan olahraga ini. Anda hanya harus meninggalkan lift dan memilih tangga setiap kali akan masuk atau keluar kantor.

Menurut situs Verywelllfit.com, seseorang dengan berat sekitar 72 kilogram sudah bisa membakar 5 kalori per menit hanya dengan menaiki tangga dengan santai. Jika Anda mempercepat tempo naik tangga, maka bisa membakar hingga 11 kalori per menit. Bila ingin membentuk bokong, Anda bisa melompati dua anak tangga sekaligus saat naik.

Jalan Kaki

Jalan Kaki di Kantor
Sumber: Stas Knop

Pilihan olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan di kantor adalah jalan kaki. Jika ingin punya kesempatan berolahraga jalan kaki di hari kerja, Anda bisa memarkir mobil agak jauh dari gedung. Selain itu, Anda juga bisa memilih lokasi makan siang yang tidak dekat dengan kantor, namun bisa dicapai dengan berjalan.

Olahraga jalan kaki yang baik seharusnya dilakukan dalam waktu 30 menit sehari. Namun, sebagai pemula, Anda bisa berjalan kaki selama 10 menit sehari. Dengan berjalan kaki dengan santai, Anda bisa membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada saat duduk atau berdiri. Olahraga jalan kaki bisa mencegah diabetes tipe 2, menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, dan mengurangi stres.

Baca Juga: Tips dan Trik Berolahraga di Tempat Kerja

Push up

Push up tidak harus selalu dilakukan di lantai dengan posisi tengkurap. Push up bisa juga dilakukan di kantor dengan bantuan meja kerja atau dinding. Anda bisa mulai push up dengan menempelkan tangan di pinggir meja atau dinding, kemudian menggerakkan bagian atas tubuh maju mundur dengan tumpuan tangan tersebut.

Olahraga yang memanfaatkan beban tubuh ini bisa membantu Anda membakar kalori. Selain itu, push up juga bisa membuat tubuh bagian atas Anda menjadi lebih kencang.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next