Apa Itu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) | Qerja

Mengenal Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Apa Saja Manfaatnya?

Riyan Sugandy, 2 years ago
Mengenal Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Apa Saja Manfaatnya?

Pertumbuhan transaksi keuangan di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Sayangnya, untuk bagian transasksi keuangan elektronik, Indonesia masih banyak menggunakan teknologi payment gateway dari negara luar seperti Visa dan MasterCard.

Pada akhir tahun 2017, Bank Indonesia sudah meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Dengan menggunakan GPN ini diharapkan mampu mengurangi beban biaya yang timbul akibat penggunaan teknologi dari negara luar.

Apa Itu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)?

Gerbang Pembayaran Nasional -GPN

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk menghubungkan alat pembayaran elektronik dengan perangkat transaksi pembayaran. Selama ini nasabah perbankan di Indonesia menggunakan sistem pembayaran yang dibuat oleh perusahaan Visa atau MasterCard.

Penggunaan teknologi dari perusahaan ini  menimbulkan biaya yang cukup besar karena seluruh proses transaksi harus melakukan proses routing ke luar negeri untuk mengakses server kedua perusahaan tersebut. Dengan adanya GPN, biaya tersebut tentunya bisa dipangkas sehingga nasabah tidak perlu membayar banyak untuk layanan dan kartu yang mereka gunakan.

Penggunaan GPN ini merupakan sebuah strategi dari Pemerintah Indonesia untuk mengurangi beban transaksi keuangan ke luar negeri. Dengan menggunakan GPN, Pemerintah bisa berhemat hingga Rp1.8 Triliun per tahun dari pengurangan biaya EDC yang terjadi di Indonesia.

Selain itu, penggunaan GPN juga sudah mengurangi tranksaksi domestik yang dilakukan di luar negeri menjadi Rp17.7 miliar per hari. Ini menjadi sebuah kabar bagus ditengah pelemahan kondisi keuangan Indonesia secara global saat ini.

Baca Juga : Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit untuk Karyawan

Lebih Murah dan Lebih Praktis

Sebagai pengguna kartu debit dan kredit, tentunya Anda sudah mengetahui adanya biaya yang dibebankan kepada pengguna kartu jika melakukan transaksi menggunakan ATM dengan logo yang berbeda. Hal ini disebabkan adanya biaya interkoneksi dari kedua perusahaan tersebut untuk melakukan proses transaksi.

Tetapi, dengan adanya GPN yang digunakan oleh perbankan Indonesia, maka biaya ini tentunya bisa dihilangkan. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan transaksi dengan menggunakan mesin EDC.

Adanya GPN akan mempermudah toko atau merchant karena tidak harus menyediakan banyak mesin EDC untuk berbagai perusahaan. Merchant hanya perlu menyediakan satu buah mesih EDC berlogo GPN untuk kartu debit maupun kredit.

Itulah menjadi salah satu alasan mengapa pengguna kartu GPN saat ini berkembang dengan sangat pesat. Hingga bulan Mei 2018, tercatat sudah ada 900 ribu kartu GPN yang sudah siap digunakan oleh nasabah di Indonesia.

Selain itu jumlah bank yang mengeluarkan kartu GPN ini terus bertambah. Jika pada saat awal peluncuran hanya ada enam bank yang sudah siap secara infrastruktur, maka saat ini sudah ada 60 bank yang bisa mengeluarkan kartu GPN.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next