Cara Memilih Asuransi Jiwa Untuk Pekerja | Qerja

Lima Langkah Memilih Asuransi Jiwa untuk Karyawan

Eka Utami, 2 years ago
Lima Langkah Memilih Asuransi Jiwa untuk Karyawan

Asuransi jiwa dibutuhkan karyawan untuk menjamin masa depan finansial keluarga tertanggung jika terjadi risiko. Biasanya, karyawan yang merasa paling memerlukan asuransi jiwa adalah orang yang berperan sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah utama.

Tetapi, jangan sampai desakan kebutuhan asuransi jiwa membuat Anda terburu-buru memilih satu produk. Anda perlu mencermati kemampuan dan kebutuhan sebelum mendaftar sebagai nasabah asuransi jiwa. Berikut lima langkah memilih asuransi jiwa untuk karyawan.

Menghitung Kebutuhan

Menghitung Kebutuhan Asuransi
Sumber: Pixabay

Karyawan yang membeli asuransi jiwa bertujuan agar kebutuhan keluarga tetap terpenuhi jika terjadi risiko. Pastikan asuransi yang dipilih bisa memberikan uang pertanggungan sebesar kebutuhan keluarga yang ditinggalkan karena pencari nafkah utama mengalami sakit atau meninggal dunia.

Jadi, hitunglah besaran pengeluaran bulanan keluarga saat ini. Berdasarkan data tersebut, Anda bisa memperkirakan pengeluaran bulanan di masa mendatang dengan memasukkan variabel estimasi inflasi. Kemudian, Anda harus bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi salah seorang anggota keluarga lain untuk bisa menjadi pengganti pencari nafkah utama. Jadi, uang pertanggungan asuransi jiwa yang Anda butuhkan adalah hasil perkalian dari pengeluaran bulanan dengan waktu yang dibutuhkan sampai keluarga bisa mandiri lagi.

Siapkan Anggaran

Asuransi jiwa memang penting, tetapi pemenuhan kebutuhan hidup dasar sehari-hari saat ini jauh lebih utama. Jangan sampai kewajiban membayar premi setiap bulan mengganggu arus kas keluarga.

Sebagai karyawan, Anda tentu memiliki gaji bulanan. Mungkin Anda juga punya penghasilan lain dari usaha sampingan. Hitung semua pendapatan bulanan Anda, lalu dikurangi dengan pengeluaran bulanan termasuk juga cicilan.Selisih nilai tersebut bisa digunakan untuk menabung, investasi, dan asuransi.

Baca Juga: Lima Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan

Memahami Berbagai Macam Produk Asuransi Jiwa

Kini, Anda sudah mengantongi dua data, yaitu besaran nilai tujuan keuangan dan kemampuan finansial. Anda bisa mulai mencari produk asuransi jiwa yang menawarkan nilai pertanggungan yang  sesuai kebutuhan dan beban premi yang pas di kantong.

Untuk itu, Anda juga harus memahami berbagai produk asuransi jiwa. Ada asuransi jiwa murni yang beban preminya paling murah karena hanya akan memberikan uang pertanggungan pada ahli waris jika nasabah asuransi meninggal. Ada pula asuransi jiwa yang berbasis kesehatan, berbasis pendidikan, dan tambahan manfaat investasi. Sekali lagi, pilih jenis asuransi jiwa yang paling cocok dengan kebutuhan Anda, jangan tergiur tawaran manfaat tambahan yang akan memberatkan premi bulanan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next