Pilihan Aplikasi Smartphone Mengecek Kesehatan | Qerja

Pilihan Aplikasi Smartphone Untuk Mengecek Kesehatan Bagi Pekerja Kantoran

Eka Utami, 2 weeks ago
Pilihan Aplikasi Smartphone Untuk Mengecek Kesehatan Bagi Pekerja Kantoran

Pekerja kantoran punya kesibukan harian sehingga tidak mungkin melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Tetapi, kini karyawan bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh dengan hanya menggunakan aplikasi yang diunduh di perangkat elektronik. Dengan aplikasi ini, Anda akan merasa punya dokter pribadi atau pelatih fitnes sendiri.

Beberapa aplikasi akan memberi tahu Anda tentang parameter kesehatan tertentu. Sementara, ada aplikasi yang bisa memberikan informasi terkait penyakit yang mungkin sedang menggerogoti tubuh Anda. Berikut lima aplikasi cek kesehatan untuk Anda.

Lifesum

aplikasi cek kesehatan
Sumber : medicostv.com

Lifesum adalah aplikasi yang akan membantu Anda mencapai tujuan kesehatan yang diinginkan. Dengan tes sederhana, aplikasi ini bisa menyarankan jenis diet yang paling cocok dengan gaya hidup Anda.

Setelah mengetahui jenis diet yang sesuai atau tujuan kesehatan lain yang diinginkan, Anda bisa memakai aplikasi Lifesum untuk menjaga komitmen tersebut. Lifesum akan membantu Anda memilih makanan yang tepat dan memakan makanan sesuai porsinya. Bahkan, Lifesum juga akan mengingatkan penggunanya untuk minum air putih yang cukup.

Google Fit

aplikasi kesehatan
Sumber : Google Play

Google bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) untuk mendorong orang lebih aktif. Dengan aplikasi Google Fit, Anda bisa mencatat segala kegiatan aktif, mulai dari berjalan-jalan pagi, berlari menuju kantin tempat makan siang, naik tangga ke kantor, hingga berenang setelah pulang kerja.

Google akan menyimpan data waktu yang digunakan untuk bergerak dan memberi poin untuk gerakan tersebut. Jika setiap gerakan berharga, maka Anda akan berusaha untuk meningkatkan nilai tersebut dan mencapai target lebih tinggi.

Dengan menggunakan aplikasi Google Fit, Anda akan mengetahui catatan waktu bergerak dengan cepat. Hal ini karena Google dilengkapi sensor pada ponsel Android atau Wear OS pada Google Smartwatch. Kabar baiknya lagi, Google Fit bisa terkoneksi dengan berbagai aplikasi kesehatan lainnya seperti Lifesum, MyFitnessPal, Sleep As Android, dan lain-sebagainya.

Baca Juga: Kenapa Perusahaan Perlu Melakukan Tes Kesehatan?

Samsung Health

aplikasi kesehatan
Sumber : Google Play

Samsung Health menawarkan cara menjaga kesehatan dari banyak sisi. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk memantau aktivitas sehari-hari, tapi juga memberikan informasi kalori dengan cara scan makanan, mencatat detak jantung, hingga mengukur level stres. Aplikasi ini bisa membimbing Anda untuk melakukan manajemen berat badan dengan menyeimbangkan asupan kalori.

Samsung Health juga telah menyiapkan cara asyik agar pengguna bisa termotivasi untuk hidup sehat. Anda bisa menantang teman untuk berkompetisi mencapai tujuan kesehatan.

Ada – Your Health Guide

aplikasi kesehatan
Sumber : bestofhealthshow.com

Dengan aplikasi Ada, Anda akan merasa seperti punya dokter pribadi. Jika Anda atau orang terdekat merasakan ada hal yang salah yang terjadi di dalam tubuh, maka bisa langsung “berkonsultasi” dengan Ada.

Caranya, Anda hanya perlu menjawab sejumlah pertanyaan dari Ada. Kemudian, Ada akan mencoba memahami dan memberikan beberapa kemungkinan masalah kesehatan yang Anda alami. Informasi kesehatan tersebut sangat spesifik, dan Anda bisa menggunakannya sebagai data tambahan saat memeriksakan diri di pusat kesehatan terdekat.

Sebagian besar aplikasi cek kesehatan tidak hanya  memberikan informasi, tapi juga menawarkan pilihan solusi. Aplikasi tersebut dibuat untuk menyampaikan pesan agar Anda selalu menjaga pola hidup sehat agar jauh dari penyakit. –Qerja

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next