8 Aturan yang Harus Dipatuhi Saat Sedang Bekerja dari Rumah | Qerja

8 Aturan yang Harus Dipatuhi Saat Sedang Bekerja dari Rumah

Qerja, 5 years ago
8 Aturan yang Harus Dipatuhi Saat Sedang Bekerja dari Rumah

Mendapat kesempatan untuk bekerja dari rumah (work from home) itu ibarat memiliki mobil sport mewah: sesuatu yang patut disyukuri dan bisa mengundang decak kagum atau iri dari orang lain. Walau begitu, bekerja dari rumah sebetulnya tidak sesantai dan semudah yang dibayangkan. Qerja menghadirkan beberapa hal yang perlu Anda lakukan dan hindari untuk memudahkan Anda yang bekerja dari rumah.
do-09 1. Ciptakan area kerja khusus
Cari sebuah pojok atau ruangan di rumah Anda yang bisa Anda gunakan untuk bekerja. Selain membantu memudahkan Anda berkonsentrasi, area kerja khusus akan menghindarkan Anda dari hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian.

2. Selalu available
Apa pun yang Anda lakukan dan di mana pun Anda berada, pastikan manajer atau atasan Anda selalu dapat menghubungi Anda. Namun, tidak pergi ke kantor bukan berarti Anda tidak bisa berhalangan kerja, misalnya ketika Anda sedang sakit atau sedang bermasalah. Jika ini yang terjadi, pastikan Anda selalu mengabari kolega atau atasan seandainya Anda tidak bisa bekerja hari ini.

3. Punya rencana darurat
Jaringan internet bisa dibilang merupakan hal terpenting bagi sebuah hubungan kerja jarak jauh untuk dapat berjalan dengan baik. Ketika bencana dunia modern menimpa (baca: jaringan internet kacau), Anda harus siap sedia dan punya tempat lain untuk bekerja seperti perpustakaan umum, rumah teman, atau kafe.

 4. Bekerja sesuai jadwal
Anda digaji untuk bekerja sesuai dengan jam kantor, hanya lokasi Anda saja yang berbeda. Jadi, meskipun waktu Anda relatif fleksibel, selalu penuhi deadline yang diberikan dan lakukan pekerjaan Anda selama jam kerja agar memudahkan komunikasi dengan rekan Anda di kantor.

donts-091. Tidak tahu waktu
Tentukan jam kerja Anda: kapan Anda mulai bekerja, kapan Anda beristirahat, dan kapan Anda berhenti. Stick to it. Ketika tiba saatnya untuk makan siang, jangan lupa untuk makan dan ketika jam berakhir, tinggalkan zona kerja dan pikiran tentang pekerjaan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next