Tips Mempersiapkan Liburan Spontan Berikut Ini! | Qerja

Bosan Dengan Rutinitas? Simak Tips Mempersiapkan Liburan Spontan Berikut Ini!

Eka Utami, 11 months ago
Bosan Dengan Rutinitas? Simak Tips Mempersiapkan Liburan Spontan Berikut Ini!

Terkadang, melakukan suatu hal yang tidak direncanakan bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin melakukan liburan secara spontan.

Jika ada ide pelesiran, Anda bisa langsung mengemas barang dan pergi ke destinasi wisata yang diinginkan. Liburan mendadak akan terasa lebih menyenangkan. Tapi, menyiapkan liburan secara tiba-tiba  juga penuh tantangan. Untuk menyiasati hal ini Anda bisa melakukan beberapa tips liburan spontan berikut ini.

Membatasi Anggaran

Menghitung Anggaran Liburan
Sumber: Fancycrave.com

Meski tak siap dengan perencanaan keuangan yang matang, Anda juga perlu membatasi anggaran liburan spontan agar tidak bangkrut. Jadi, saat gagasan liburan itu muncul, Anda harus mengecek isi dompet dan tabungan yang tersedia. Jangan lupa siapkan dana tak terduga buat berjaga-jaga.

Kemudian, Anda baru bisa menentukan destinasi wisata dan akomodasi yang sesuai dengan budget tersebut.

Memanfaatkan Kartu Kredit

Buat pemegang kartu kredit, ini saatnya menukar poin reward yang telah dikumpulkan. Poin tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan tiket pesawat, promo hotel, diskon belanja, dan restoran.

Anda dapat memperhitungkan poin reward kartu kredit sebagai salah satu sumber modal perjalanan mendadak kali ini.

Baca Juga: Ingin Liburan Dengan Dana Terbatas? Begini Caranya

Cerdas Mengemas

Liburan
Sumber: Fancycrave.com

Bila persiapan mengemas barang keperluan liburan spontan dilakukan dengan terburu-buru, maka Anda bisa saja meninggalkan beberapa perlengkapan penting. Tapi, Anda harus tetap tenang.

Liburan spontan paling-paling hanya dilakukan dalam satu atau dua hari di akhir pekan. Jadi, bawa saja beberapa barang utama seperti pakaian ganti yang disesuaikan dengan tempat tujuan wisata, perlengkapan mandi, dompet, ponsel, dan charger.

Liburan Jarak Dekat

Jika punya ide untuk liburan spontan, maka turunkan ekspektasi dan bayangan Anda tentang akomodasi mewah atau destinasi wisata yang ‘wah’.

Anda bisa memilih tempat rekreasi di dalam kota atau melakukan perjalanan agak jauh ke kota tetangga dengan kendaraan pribadi. Anda bisa memilih lokasi wisata baru yang belum pernah dikunjungi selama ini, atau sekadar mencicipi makanan khas daerah.

Berangkat Lebih Awal

Kalau Anda sangat ingin berlibur di akhir pekan ini, maka segera cari dan pesan penginapan untuk hari Jumat. Peluang Anda mendapat penginapan di hari kerja lebih besar ketimbang akhir pekan.

Setelah mendapat tempat menginap, Anda bisa langsung meluncur ke kota tujuan wisata setelah pulang kerja sehingga menyimpan tenaga buat jalan-jalan keesokan harinya. Liburan akhir pekan lebih awal membuat Anda bisa menikmati lokasi wisata lebih lama.

Jadi, kalau Anda terpikir untuk liburan spontan, lakukan sekarang! Jangan berpikir panjang. Jika terlalu banyak pertimbangan rencana Anda malah bakal batal. –Qerja

Baca Juga: Ide Staycation untuk Mengisi Liburan Akhir Pekan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next