Tips Mengelola Keuangan Bagi Pekerja Millennial | Qerja

Tips Mengelola Keuangan Bagi Pekerja Millennial

Eka Utami, 6 months ago
Tips Mengelola Keuangan Bagi Pekerja Millennial

Pekerja millennial harus bisa mengelola keuangan dengan benar. Pengaturan keuangan yang tepat perlu dilakukan agar penghasilan yang diperoleh dari kerja keras dimanfaatkan secara tepat guna.

Pasalnya, generasi millennial menghadapi tantangan berupa kemajuan teknologi yang mendukung kemudahan berbelanja dan godaan gaya hidup mewah. Berikut beberapa tips mengelola keuangan untuk pekerja millennial.

Perencanaan Keuangan Tepat

Mengelola Keuangan
Sumber: Fancycrave.com

Generasi millennial sebenarnya sudah menyadari pentingnya perencanaan keuangan bulanan agar gaji tidak habis begitu saja. Salah satu metode pengaturan yang bisa dipakai adalah 50-30-20.

Artinya, Anda bisa mengelola 50 persen penghasilan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, sementara 30 persen buat kebutuhan pribadi seperti rekreasi. Adapun 20 persen gaji digunakan untuk membayar cicilan, menabung, dan investasi.

Mengendalikan Pengeluaran

Meski sudah menetapkan 30 persen penghasilan untuk kebutuhan pribadi, namun kenyataannya keuangan pekerja millennial tetap sering kebobolan. Kemudahan berbelanja via online, memesan makanan dengan pelayanan antar, hingga tuntutan gaya hidup lainnya bisa membuat Anda boros.

Maka, Anda dapat mengelola keuangan dengan membuat batasan pengeluaran harian. Misalnya, Anda hanya menyiapkan uang cash sebesar Rp 100 ribu di dompet atau membatasi gesek kartu debit hanya Rp 200 ribu sehari.

Baca Juga: Mengatur Keuangan First Jobber: Saran dari Perencana Keuangan

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Terkadang, kartu kredit digunakan untuk memberikan keleluasaan berbelanja. Memang, Anda sudah mematok 30 persen gaji untuk anggaran “hura-hura”. Tetapi kartu kredit memberi kemudahan bagi pekerja millennial sehingga tetap bisa membeli barang konsumtif di luar perencanaan dengan cara berutang.

Padahal, jika Anda bijak, kartu kredit bisa bermanfaat untuk mengelola keuangan dan bahkan berhemat. Anda dapat membayar tagihan bulanan yang jatuh tempo lebih cepat dari tanggal gajian. Anda juga bisa menikmati makan di restoran atau berbelanja hemat dengan diskon dari kartu kredit.

Investasi Cermat

Pekerja millennial yang sudah semakin melek finansial sudah akrab dengan investasi. Investasi akan melindungi harta dari inflasi dan menjamin kebutuhan masa depan seperti rencana melanjutkan studi, liburan, hingga dana pensiun. Maka, sebagian dari 20 persen gaji disiapkan untuk berbagai instrumen investasi seperti reksa dana dan emas.

Tetapi, hendaknya setiap investasi harus cermat. Anda harus tahu tujuan keuangan terlebih dahulu: jangka panjang atau jangka pendek? Kemudian, Anda mesti punya pemahaman tentang sifat, likuiditas, dan keuntungan dari setiap instrumen investasi. Dengan begitu, Anda bisa memilih dan menggunakan instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan.

Memanfaatkan Teknologi

tips keuangan pekerja milenial
Sumber : @jens_johnsson

Untuk membantu membuat perencaan keuangan, pekerja millennial bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pengatur keuangan. Berbagai aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur mulai dari grafik pengeluaran dan pemasukan, kalkulator investasi, hingga konsultasi perencana keuangan online.

Bahkan, ada aplikasi yang memudahkan pengelolaan keuangan keluarga. Anda dan pasangan bisa memantau pengeluaran keluarga secara real-time.

Terkadang, berbagai kemudahan yang datang bersama kemajuan teknologi justru bisa membuat Anda boros. Tetapi, jika Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu mengelola keuangan dengan lebih baik. –Qerja

Baca Juga: Perlukah Perencanaan Keuangan untuk Karyawan?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami