Lima Langkah Diet Sehat Untuk Pekerja Kantoran | Qerja

Lima Langkah Diet Sehat Untuk Pekerja Kantoran

Eka Utami, 8 months ago
Lima Langkah Diet Sehat Untuk Pekerja Kantoran

Gaya hidup pekerja kantoran yang tidak sehat bisa membuat tubuh mengalami kegemukan. Maka pekerja perlu diet untuk menjaga berat badan ideal dan mempertahankan kondisi tubuh tetap fit, sehingga bisa bekerja dengan optimal.

Masalahnya, pekerja kantoran seringkali sulit menjalankan diet teratur karena berbagai alasan kesibukan dan tidak disiplin. Berikut tips diet untuk pekerja kantoran.

Menyusun Rencana Menu

Menu Diet
Sumber: Fancycrave.com

Buat Anda yang sudah bertekad keras untuk menurunkan berat badan bisa memulai dengan menyusun menu makanan sesuai jenis diet yang dipilih. Hitung jumlah kalori yang dibutuhkan, lalu sesuaikan dengan menu.

Perencanaan menu diet akan membuat Anda makan lebih terstruktur, dan tidak berlebihan. Anda akan mencoba disiplin untuk mematuhi rencana menu dan menahan diri dari godaan makanan “jahat”.

qc-jkt-2019

Makan Teratur

Diet bukan sekadar menurunkan porsi makan atau menyesuaikan menu makan dengan kebutuhan kalori. Tetapi, juga mengatur jam makan sesuai jam biologis tubuh agar proses metabolisme tidak kacau dan tidak terjadi penumpukan lemak. Masalahnya, pekerja kantoran seringkali melewatkan jam makan karena terjebak tugas yang menumpuk.

Namun, jika niat diet sudah bulat, maka Anda harus patuhi jadwal makan yang teratur. Anda sebaiknya sarapan sebelum jam 9 pagi untuk mencegah munculnya rasa lapar palsu. Makan siang dilakukan tengah hari saat istirahat bekerja, jangan sampai kesorean di atas jam tiga. Lalu, konsumsi makan malam sebelum jam tujuh agar tubuh Anda bisa mencerna makanan dengan bai sebelum tidur.

Baca Juga: Pilihan Cara Makan Siang Sehat di Kantor

Camilan Sehat

Anda boleh mengudap camilan saat coffee break, sekitar 2-4 jam setelah sarapan. Anda juga bisa kembali memakan makanan ringan 2-4 jam setelah makan siang. Pada waktu-waktu tersebut, sistem pencernaan sedang mengolah makanan utama. Jadi, saat Anda memasukkan makanan ringan, maka tubuh sudah siap memprosesnya.

Pilihlah camilan sehat seperti yogurt dan buah. Selain itu, teh hijau juga pas untuk diminum sore hari. Minuman ini ini bisa meningkatkan laju metabolisme.

Minum Air Putih

Setiap orang perlu meminum air putih 8 gelas per hari. Minum air putih sebelum makan bisa membantu mengurangi porsi makan dan kalori. Tapi, jangan terlalu banyak meminum air putih karena bisa membuang mineral penting  seperti kalsium, magnesium, kalium, dan natrium dari tubuh Anda.

Office boy biasa menyiapkan segelas air putih di meja pekerja kantoran. Tapi, jika Anda mau membawa tumblr sendiri, maka bisa membantu kebiasaan minum air putih lebih sering, kapan pun, di mana pun.

Aktif Bergerak

diet sehat untuk pekerja kantoran
sumber : Lukas Hartman

Diet sehat yang dibarengi dengan olahraga bisa mendatangkan hasil yang optimal. Anda harus menyempatkan waktu bergerak sesering mungkin selama di kantor. Mulai dari berjalan kaki dari tempat parkir ke ruang kerja, memilih tangga daripada naik lift, hingga melakukan gerakan latihan ringan di sela pekerjaan.

Anda juga bisa meluangkan waktu di luar jam kerja untuk berolahraga. Pilihlah aktivitas yang paling disukai seperti berenang, lari, jalan cepat, atau bersepeda.

Kunci keberhasilan diet adalah disiplin mematuhi rencana yang sudah ditetapkan. Kerja keras Anda menjalankan diet akan membuahkan hasil yang memuaskan di ujung hari. –Qerja

Baca Juga: 5 Gerakan Olahraga yang Bisa ‘Curi-curi’ Dilakukan di Kantor



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next