Inilah Lima Cara Persiapan Agar Lolos Tes CPNS | Qerja

Ingin Lolos Tes CPNS? Persiapan Hal-Hal Berikut Sebelum Terlambat!

Riyan Sugandy, 11 months ago
Ingin Lolos Tes CPNS? Persiapan Hal-Hal Berikut Sebelum Terlambat!

Pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 sudah dibuka sejak tanggal 19 September 2018 lalu. Walaupun membuka lowongan lebih dari 200.000 lowongan untuk CPNS, tetapi memang tidak mudah untuk lolos menjadi CPNS.

Selain harus berjuang dengan para kandidat lainnya, para peserta seleksi juga dihadapkan dengan tes yang tidak mudah. Ada tiga tahap tes yang harus dilalui para kandidat untuk bisa dinyatakan lolos menjadi seorang CPNS. Bagi Anda yang mengikuti seleksi lowongan CPNS 2018, apa saja yang sebaiknya dipersiapkan untuk menghadapi tes tersebut?

Siapkan Persyaratan Administrasi

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah persyaratan dokumen yang dibutuhtkan untuk setiap formasi CPNS yang dibuka. Harap perhatikan setiap persyaratan dokumen yang harus dilengkapi dengan detail karena satu saja dokumen yang Anda unggah salah, maka otomatis Anda akan gugur.

Setiap instansi atau daerah memiliki persyaratan administrasi yang yang berbeda dan harus dipenuhi oleh peserta tes. Sebagai persiapan saja, Anda mungkin bisa membuat SKCK dan juga surat keterangan sehat karena kedua dokumen ini menjadi persyaratan yang cukup sering dicantumkan dalam lowongan.

Pelajari Kembali Sejarah

book-731199_960_720-5769c98797bd5

Percaya atau tidak, materi sejarah bangsa menjadi salah satu alasan banyak peserta yang tidak bisa lolos ke tahap selanjutnya. Materi ini memang nampak remeh temeh tetapi memegang peranan penting dalam tes CPNS.

Materi mengenai sejarah ini bisa kita temukan  di tes wawasan kebangsaan. masih memiliki buku pelajaran sejarah, tidak ada salahnya untuk sedikit mengulang materi mengenai sejarah pergerakan kemerdekaan di Indonesia hingga saat ini.

Pahami Undang-Undang Dasar 1945

Tes Wawasan Kebangsaan memang menjadi bagian tes yang cukup menyulitkan. Selain bagian sejarah, Anda juga diharuskan mengerti dan hapal mengenai berbagai pasal yang tertuang dalam UUD 1945.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya Anda tidak perlu menghapal secara kata per kata isi dari UUD 1945. Tetapi, Anda  cukup memahami pembagian dari isi UUD 1945 sesuai dengan bagian pembahasannya.

Berlatih Matematika

calculator pen and book

Salah bagian yang cukup membuat jidat berkerut adalah soal hitungan dasar yang mungkin membuat Anda kesulitan. Ingat, ketika mengerjakan tes nanti Anda tidak bisa menggunakan alat hitung ataupun smartphone.

Tidak ada salahnya Anda kembali mengingat konsep hitungan dasar ketika masih berada di bangku sekolah. Soal yang dijadikan tes sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi karena tidak terbiasa melakukan hitungan, membuat banyak peserta merasa kesulitan.

Baca Juga : 7 Keuntungan Jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pelajari Bidang Pekerjaan Yang Dilamar

Setelah lolos tes wawasan kebangsaan, Anda akan dihadapkan kepada tes kompetensi bidang. Tes ini untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan Anda mengenai bidang pekerjaan serta instansi kerja  yang dipilih.

Cobalah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan regulasi dan juga kompetensi mengenai posisi yang Anda pilih. Hal ini akan sangat membantu Anda ketika menjalani tes kompetensi bidang.

Siapkan Mental dan Fisik

Setelah mempersiapkan pengetahuan Anda, menyiapkan mental dan fisik juga menjadi suatu hal harus dilakukan. Tidak menutup kemungkinan kita akan dihadapkan kepada situasi yang kurang menyenangkan dan nyaman ketika menjalani tes CPNS.

Terlebih lagi bila Anda berasal dari daerah dan harus menuju Jakarta untuk melakukan tes ini. Persiapkan kondisi mental dan juga fisik Anda agar siap menghadapi kejutan ketika akan menjalani tes CPNS nanti.

Nah, dengan melakukan persiapan tadi, tentunya kita sangat berharap Anda bisa lancar menjalan tes CPNS dengan hasil sesuai harapan. -Qerja

Baca Juga : PNS: Pekerjaan Impian?

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next