Perusahaan dan Startup Asal Surabaya | Qerja

Catat! Inilah Perusahaan dan Startup Sukses asal Surabaya

Eka Utami, 3 months ago
Catat! Inilah Perusahaan dan Startup Sukses asal Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia, setelah Jakarta. Dari Kota Pahlawan tersebut, telah lahir berbagai perusahaan dan startup yang terkenal.

Berbagai perusahaan ternama yang berbasis di Surabaya menjadi daya tarik para pencari kerja untuk menjadi bagian dari kesuksesan mereka. Berikut  ini adalah beberapa perusahaan dan startup sukses asal Surabaya.

HM Sampoerna

perusahaan di surabaya
Sumber : detik.com

Pada tahun 1913, Liem Seeng Tee memulai usahanya memproduksi rokok sigaret kretek tangan merk Dji Sam Soe dari rumahnya di Surabaya. Ketika usahanya mapan dan sukses di tahun 1930, Liem Seeng Tee mendirikan perusahaan Sampoerna. Tahun 1959, kepemimpinan Sampoerna beralih ke generasi kedua, Aga Sampoerna.

Sampoerna terus berkembang menjadi perusahaan publik, mengembangkan struktur modern, dan menjalani periode ekspansi dan investasi. Akhirnya Phillip Morris International Inc. melalui anak perusahaannya, PT Philip Morris Indonesia mengakuisisi sebagian besar saham Sampoerna pada 2005. Tahun 2017, Sampoerna telah memimpin pasar rokok di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 33 persen.

Pakuwon Jati

PT Pakuwon Jati Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam pengembangan properti dengan fokus pada konstruksi pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran. Mulanya, pada 1984, pendiri Pakuwon, Alexander Tedja membeli sebidang tanah di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya. Ia ingin mengukuhkan perusahaannya, PT Pakuwon Jati dengan menggarap proyek Plaza Tunjungan I Surabaya. Pusat perbelanjaan tersebut mulai beroperasi dan kini telah berkembang menjadi superblok.

Pakuwon telah sukses menjadi pelopor konsep superblok di Indonesia, yaitu pengembangan properti terintegrasi berskala besar pada mal, kantor, kondominium dan hotel. Pakuwon memiliki dan mengelola pusat perbelanjaan seperti Plaza Tunjungan I – IV, kantor kompleks BBD Tower, Sheraton Surabaya Hotel bintang 5, Kondominium dan real estate Laguna Indah, dan juga kawasan industri yang berlokasi di Surabaya.

Jawa Pos

perusahaan surabaya
sumber : optimisditerima.wordpress.com

Pada 1 Juli 1949, The Chung Shen (Soeseno Tedjo) mendirikan PT. Perusahaan Penerbitan dan Percetakan Djava Post Concern Limited yang menerbitkan surat kabar harian Jawa Pos di Surabaya. Shen tidak memiliki penerus bisnis korannya sehingga Jawa Pos dijual ke pengusaha media yang juga Direktur Utama PT Grafiti Pers, Eric Samola pada 1982. Eric menunjuk Dahlan Iskan memimpin dan membenahi Jawa Pos. Dahlan lalu membuat beberapa terobosan seperti menaikkan oplah, Jawa Pos terbit pagi, dan koran lokal di daerah lain bernama “Radar”.

Kini, Jawa Pos memasuki bisnis digital dengan menghadirkan JawaPos.com pada 2014. Jawa Pos telah sukses menjadi jaringan media terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 200 media tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 10 Lowongan Kerja di Surabaya Dengan Gaji di Atas 5 Juta Rupiah

Maspion Group

Sejarah Maspion dimulai pada tahun 1962 ketika Alim Husin mendirikan UD Logam Djawa yang merupakan industri dapur rumah sederhana di Surabaya. Perusahaan tersebut memproduksi lampu teplok yang terbuat dari aluminium dan logam. Akhir 70-an mulai memproduksi perabot rumah tangga dengan bahan plastik seperti ember, baskom, loyang, dan sebagainya. Anak Alim Husein, Alim Markus ikut membantu usaha ayahnya dengan memasarkan produk rumah tangga ke toko-toko dan pasar-pasar, daerah Pabean dan Pasar Turi.

Pada 1972, usaha keluarga Alim Husin tersebut semakin sukses dan berkembang sehingga kemudian merancang nama dan logo baru: Maspion yang merupakan singkatan dari mengajak, Anda, selalu, percaya, industri, olahan, nasional. Kini, Maspion Group telah mengembangkan sayap bisnis menjadi 8 kategori bisnis utama: Layanan Produk Konsumen, Produk Konsumen Industri, Konstruksi dan Material Bangunan, Hotel, Properti Komersil dan Properti Industri, Perbankan, Perdagangan dan Distribusi, Infrastruktur dan Energi, serta beragam bisnis lainnya.

Ispat Indo

Pendiri Ispat Indo, Lakshmi Mittal merantau dari India ke Waru, Sidoarjo, Indonesia beberapa puluh tahun yang lalu. Pada 1976, ia mendirikan pabrik baja PT Ispat Indo di Kedung Turi, Jawa Timur. Mittal membesarkan usahanya selama 14 tahun. Kemudian, ia memperluas bisnisnya dengan cara membeli pabrik baja merugi di negara yang bukan tujuan investasi, kemudian menyulapnya jadi perusahaan sukses.

Pada awal berdiri, PT Ispat Indo hanya memiliki kapasitas produksi 65 ribu ton. Kini, Ispat Indo memiliki kapasitas produksi lebih dari 700.000 ton per tahun.

IDN Media

startup surabaya
sumber : Tech in Asia

IDN Media adalah perusahaan media multi-platform terkemuka untuk Generasi Millenial dan Gen Z. Sebelum mendirikan IDN Media, sebenarnya Winston Utomo sudah mapan bekerja di kantor Google, Singapura. Namun, ia berinisiatif menulis artikel sendiri dengan nama situs Indonesiantimes. Ternyata, Artikel Winston sukses mendapat sambutan positif.

Akhirnya, pada 2014, Winston mengajak saudaranya William Utomo mendirikan startup IDN Media di Surabaya dan menggulirkan IDNTimes.com. Saat ini, IDN Media mengoperasikan 4 media digital: IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, dan Yummy. IDN Media telah berhasil menarik 13 juta pengunjung setiap bulan.

Dengan adanya berbagai perusahaan besar yang berbasis di Surabaya, tak ayal jika kota ini menjadi salah satu tujuan para pencari kerja untuk mulai meniti karir. Kota ini menyediakan lapangan kerja di berbagai bidang, terutama di industri manufaktur, perdagangan, perbankan, asuransi, ekspor dan impor, serta sektor media dan pariwisata yang terus berkembang.

Untuk kalian yang ada di Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti Qareer Carnival 2018 Surabaya di tanggal 7-8 November 2018. Bertempat di DBL Arena, Surabaya, Qareer Carnival akan hadir di kota ketiga.

Di sini akan ada puluhan perusahaan dengan ratusan lowongan kerja di daerah Surabaya. Jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk mendapatkan lowongan pekerjaan impian di acara ini.

Untuk mengikuti acara ini, Anda hanya perlu mendaftar dengan mengisi formulir dan juga upload CV untuk mendapatkan QR Code yang akan digunakan di acara ini. Klik banner di bawah ini untuk memulai dan jangan sampai terlambat ya, Qolega! –Qerja

Qareer Carnival Job Fair Surabaya

Baca Juga: Begini Cara Perusahaan Besar Menggaet Tenaga Kerja Milenial



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next