Aplikasi Meditasi untuk Mengurangi Stres Kerja | Qerja

Aplikasi Meditasi untuk Mengurangi Stres Kerja

Eka Utami, 2 months ago
Aplikasi Meditasi untuk Mengurangi Stres Kerja

Pekerja kantoran terbiasa menghadapi tekanan di tempat kerja. Tetapi, kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan berlanjut. Stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental dan fisik.

Sebagian orang bisa mengatasi tekanan yang dihadapinya sendiri. Namun, ada pula yang memerlukan bantuan untuk bisa menghadapi stres dengan mendatangi tempat meditasi. Masalahnya, tidak semua punya waktu dan kesempatan untuk bertemu instruktur setiap saat. Maka, berikut beberapa rekomendasi aplikasi meditasi untuk membantu Anda menghadapi tekanan kehidupan dan pekerjaan.

Calm

Aplikasi Meditasi
Sumber: Fancycrave.com

Calm telah mendapat penghargaan sebagai aplikasi terbaik tahun 2017 dari Apple. Aplikasi meditasi ini bisa membantu penggunanya tidur lebih baik, meningkatkan kepercayaan diri, serta mengurangi stres kerja dan kecemasan. , semua dengan bantuan meditasi yang dipandu, musik yang menenangkan, dan dongeng sebelum tidur.

Bagi pemula, Calm akan memberi kesempatan pengguna memakai aplikasi secara gratis selama 7 hari. Sebelum memulai, Anda bisa memilih tujuan utama melakukan meditasi. Setelah itu, Calm akan menawarkan berbagai menu meditasi yang berdurasi antara 2-35 menit.

Headspace

Jika belum pernah bermeditasi sebelumnya, Anda bisa mencoba aplikasi Headspace selama 10 hari secara gratis. Anda akan mulai diberi panduan dasar melakukan meditasi: duduk di tempat yang nyaman, meluruskan punggung, menutup mata, dan bernafas. Setelah itu, Headspace meminta Anda mengatur jadwal meditasi rutin setiap hari.

Setelah pengaturan awal selesai, Anda bisa memulai memilih sesi meditasi. Satu sesi pendek berdurasi tiga menit, sementara sesi yang lebih lama mencapai 5-10 menit. Dengan menjalani meditasi berdasarkan panduan Headspace, Anda bisa lebih tenang, mengurangi stres kerja, dan meningkatkan fokus.

Smiling Mind

Smiling Mind sebenarnya dirancang untuk anak-anak dan remaja. Tetapi, orang dewasa juga bisa menggunakan aplikasi meditasi ini. Pengguna bisa memilih program berdasarkan usia mulai dari 7 tahun hingga dewasa. Pengguna juga dapat memilih program sesuai kebutuhan pendidikan, olahraga, atau tempat kerja.

Program Smiling mInd dirancang untuk membantu orang-orang dalam menghadapi tekanan, stres, dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa memilih program meditasi untuk tujuan tertentu, seperti makan dengan penuh kesadaran, menikmati keindahan alam, memaknai stres, hingga meningkatkan hubungan sosial.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

The Mindfulness App

The Mindfulness App bertujuan membantu pengguna meningkatkan kesadaran dan meningkatkan kepuasan hidup melalui meditasi.Untuk mengenal aplikasi ini, Anda dapat mencoba secara gratis dan melakukan sesi meditasi berdurasi 3-30 menit selama lima hari. Anda akan diajak terbiasa melakukan latihan meditasi dengan fitur pengingat. Aplikasi ini juga akan menampilkan statistik yang menunjukkan perjalanan meditasi Anda.

Jika puas, Anda bisa mencoba meningkatkan layanan aplikasi berbayar. Anda akan mendapat tambahan layanan seperti bimbingan kursus meditasi khusus, dan tantangan untuk menghadapi masalah mental khusus seperti kesulitan tidur dan stres.

Stop, Breathe & Think

Aplikasi Meditasi
Sumber: Fancycrave.com

Ketika Anda merasakan tekanan dalam kehidupan dan pekerjaan, maka berhentilah beraktivitas. Anda perlu waktu untuk menarik napas, dan memikirkan perasaan tanpa menghakimi. Aplikasi ini akan memandu Anda untuk melakukan meditasi tersebut.

Aplikasi ini melakukan cara pendekatan unik pada setiap pengguna. Setelah Anda mengecek pereasaan sendiri, kemudian aplikasi akan merekomendasikan video pendek, panduan meditasi, yoga dan akupresur, sesuai dengan dirasakan.

Berbagai aplikasi meditasi adalah solusi cepat yang Anda butuhkan untuk mengatasi stres. Dengan begitu, kehidupan Anda akan lebih bahagia. –Qerja

Baca Juga: Tips Manajemen Stres Akibat Tekanan Pekerjaan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next