Tujuh Cara Menghindari Tertular Flu di Kantor | Qerja

Tujuh Cara Menghindari Tertular Flu di Kantor

Eka Utami, 12 months ago
Tujuh Cara Menghindari Tertular Flu di Kantor

Musim hujan telah datang, penyakit flu pun ikut mengancam pekerja kantoran. Saat seorang karyawan terkena flu, maka seisi ruang kerja bisa ikut terkena dampaknya. Virus flu bisa menyebar di udara, menempel pada gagang pintu, keyboard komputer, mesin fotokopi dan lain sebagainya.

Penyakit flu mungkin terbilang ringan. Tetapi, jika sudah terkena flu, semua pekerjaan bisa berantakan. Berikut cara menghindari tertular flu di kantor.

Menjaga Kebersihan Tangan

Saat di kantor, Anda sering memegang benda-benda yang mungkin juga pernah disentuh rekan kerja yang terkena flu. Untuk menghindari tertular virus flu, Anda harus mencuci tangan secara berkala. Anda bisa mencari tahu tujuh langkah mencuci tangan dengan benar.

Jika letak wastafel terlalu jauh dari meja kerja, Anda juga dapat memakai hand sanitizer sesekali untuk menjaga tangan tetap bersih.

Jangan Menyentuh Wajah

Meski sudah membersihkan tangan, Anda tidak tahu jika virus flu menempel lagi. Jadi, ketika ada seseorang di kantor yang  terkena flu, Anda sebaiknya mengingat untuk tidak terlalu sering menyentuh area wajah.

Ketika Anda menyentuh bagian wajah terutama di hidung dan mulut, maka potensi tertular virus flu akan semakin besar.

Membersihkan Area Kerja

Menjaga Kebersihan Area Kerja
Sumber: Fancycrave.com

Sebelum mulai mengerjakan tugas, ada baiknya Anda membersihkan area kerja sesaat setelah tiba di kantor. Hal ini karena virus flu bisa saja menempel di benda-benda di meja kerja sebelum Anda tiba.

Anda bisa membersihkan permukaan meja, gagang telepon, dan beberapa alat kerja lainnya dengan cara mengelap atau menggunakan cairan desinfektan. Dengan begitu, Anda bisa membunuh bermacam bakteri dan virus yang menempel.

Baca Juga: Etika Untuk Pegawai Sakit Flu: Masuk Kerja atau Izin Sakit?

Menjaga Jarak dengan Penderita Flu

Flu bisa tertular jika Anda sering berinteraksi langsung dengan rekan kerja yang sedang sakit. Untuk itu, Anda harus menjaga jarak dengannya. Apabila ingin berkomunikasi, Anda dapat melakukannya via email atau aplikasi chatting.

Kalau rekan kerja yang terkena flu duduk di sebelah meja kerja, ada baiknya Anda menggunakan masker. Apabila Anda melihat kondisi rekan kerja kepayahan saat mengerjakan tugas, maka sarankan agar ia pulang dan beristirahat di rumah.

Membuka Pintu dan Jendela

Jika pendingin di kantor Anda bukan AC sentral, maka bukalah pintu dan jendela sebentar. Hal ini akan membuat sirkulasi udara di ruangan lebih baik.

Dengan begitu, virus flu yang mungkin berputar dan terjebak di dalam ruangan bisa keluar dari tempat kerja Anda.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Menghindari Flu
Sumber: Fancycrave.com

Sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik akan membuat Anda terhindar dari penyakit flu.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, Anda perlu berolahraga dan makan makanan sehat. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin C dan zinc agar badan tetap fit.

Vaksinasi

Setiap orang berpotensi tertular flu dari berbagai tempat, termasuk di kantor. Biasanya, kasus flu sering terjadi ketika memasuki musim penghujan, mulai bulan Oktober.

Jika Anda merasa sangat khawatir tertular flu, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan dengan vaksinasi. Para ahli medis merekomendasikan vaksinasi pada Oktober.

Intinya, untuk mencegah flu, Anda harus menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan diri di kantor. Semoga Anda terhindar dari penyakit yang menjadi momok di kalangan pekerja kantoran ini. –Qerja

Baca Juga: Penyakit Yang Sering Melanda Pekerja Kantoran. Apa Saja Daftarnya?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next