Kapan Waktu Liburan Yang Tepat Bersama Keluarga | Qerja

Kapan Waktu Liburan yang Tepat Bersama Keluarga?

Eka Utami, 10 months ago
Kapan Waktu Liburan yang Tepat Bersama Keluarga?

Pekerja kantoran butuh liburan untuk menyegarkan pikiran. Agar bisa menikmati waktu senggang dengan optimal, maka perlu perencanaan yang matang.

Salah satu bagian dari perencanaan liburan adalah penentuan waktu liburan yang pas. Berikut panduan untuk menentukan kapan waktu liburan yang tepat.

Hindari Liburan saat Peak Season dan High Season

Peak season adalah puncak musim liburan, di mana hampir semua orang ingin menikmati waktunya di berbagai destinasi wisata. Peak season biasanya terjadi pada Libur Natal dan Akhir Tahun. Sementara high season menggambarkan musim liburan yang ramai, misalnya saat libur sekolah, Lebaran, dan long weekend.

Pada saat peak season dan high season, tiket perjalanan dan akomodasi mahal dan sulit didapat. Selain itu, lalu lintas menuju lokasi wisata lebih padat dari hari biasa. Kalau Anda punya pilihan, lebih baik menghindari liburan di high season dan peak season. Liburan pada musim ini maka Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di jalan, mengeluarkan biaya lebih tinggi, dan terkadang tidak bisa menikmati tempat wisata dengan optimal.

Baca Juga: Ingin Liburan Dengan Dana Terbatas? Begini Caranya

Tunda Liburan saat Musim Hujan

waktu liburan yang tepat
sumber : jill111

Sebenarnya, musim hujan termasuk low season, di mana tidak banyak orang yang berlibur. Saat cuaca tidak bersahabat, tempat liburan dan hotel sepi pengunjung. Sementara kursi pesawat, kereta api, dan bus pun banyak yang lowong, dan bisa dipesan go show. Anda juga bisa mendampatkan tiket kendaraan dengan harga miring, atau promo menginap.

Namun, berlibur pada musim penghujan bukan ide yang bagus. Mungkin Anda tidak bisa menikmati seluruh aktivitas di lokasi tujuan wisata. Pada akhirnya, Anda hanya dana liburan sia-sia hanya untuk berdiam diri di hotel sepanjang hari. Tapi, kalau Anda bisa cuti di musim penghujan, sebaiknya pilih tempat wisata indoor.

Waktu Liburan Terbaik

Jika merujuk pada panduan di atas, maka waktu liburan terbaik adalah di luar high season dan peak season, serta sebelum atau sesudah musim penghujan. Berarti, jika Anda sedang merencanakan cuti liburan untuk tahun depan, pilihlah bulan-bulan setelah libur sekolah dan sebelum musim hujan, yaitu sekitar akhir Agustus dan bulan September.

Selain itu, Anda juga bisa memilih liburan di bulan April, Mei, dan Juni ketika hujan sudah surut, dan liburan sekolah belum tiba. Dengan catatan, bulan-bulan tersebut tidak bersamaan dengan libur Lebaran.

Terkadang, Anda memang hanya bisa liburan bersama keluarga saat cuti hari raya keagamaan atau libur bersama yang ditetapkan pemerintah. Pada waktu-waktu tersebut, Anda tiak perlu menghabiskan jatah cuti sendiri dan “memaksa” anak-anak bolos sekolah. Tapi, memang konsekuensi liburan di waktu tersebut memang mahal dan macet.

Namun, jika bisa menentukan liburan sendiri, pastikan memilih waktu yang tepat agar Anda bisa menikmatinya dengan optimal. Dengan panduan di atas, Anda sudah bisa mulai merencanakan liburan tahun depan dari sekarang.–Qerja

Baca Juga: Bosan Dengan Rutinitas? Simak Tips Mempersiapkan Liburan Spontan Berikut Ini!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next