IMF-World Bank Annual Meeting 2018, | Qerja

IMF- World Bank Annual Meeting 2018, Akan Membahas Apa Saja?

Riyan Sugandy, 7 days ago
IMF- World Bank Annual Meeting 2018, Akan Membahas Apa Saja?

Pada tanggal 8 hingga 14 Oktober 2018, Indonesia menjadi tuan rumah dari acara “Annual Meetings of the International Monetary Fund and World Bank Group” di Nusa Dua, Bali. Acara ini merupakan acara rutin dari International Monetary Fund (IMF) bersama World Bank untuk melakukan diskusi mengenai berbagai pekerjaan yang sudah mereka lakukan selama satu tahun terakhir.

Bagaimana sejarahnya dan apa saja yang dibahas dalam pertemuan ini? Yuk, cari tahu lebih banyak di artikel ini.

Pertemuan Rutin Dua Institusi Keuangan Terbesar Dunia

Sebagai institusi keuangan terbesar di dunia, IMF dan juga World Bank memiliki peranan yang cukup penting dalam perkembangan ekonomi dunia. Keduanya berperan dalam memberikan dana bantuan dan pinjaman bagi negara-negara yang menjadi anggotanya. Annual Meeting antara IMF dan Bank Dunia pertama kali dilakukan pada tahun 1964 di Washington, Amerika Serikat. Sejak saat itu pertemuan keduanya terus berlangsung setiap tahunnya.

Acara ini bisa dibilang merupakan salah satu acara yang cukup penting karena dihadiri oleh banyak pejabat penting dari seluruh negara yang menjadi anggota IMF dan World Bank. Di acara ini setiap komite dari IMF dan Bank Dunia akan memaparkan apa saja isu global yang ada saat ini dan bagaimana kedua organisasi keuangan terbesar di dunia ini bisa memberikan solusi terhadap isu tersebut.

Acara ini biasanya dilakukan di Washington selama dua tahun berturut-turut, kemudian di tahun ketiga akan dilakukan di negara lain yang menjadi anggotanya. Tercatat beberapa negara lainnya di Asia pernah menjadi tuan rumah untuk pertemuan ini seperti Jepang, Korea, Uni Emirat Arab, Thailand hingga Singapura. Di tahun 2018 Indonesia berhasil menjadi tuan rumah untuk acara ini setelah melakukan pengajuan pada tahun 2014 lalu.

Apa Saja Yang Dibahas Dalam Pertemuan Ini?

Dalam pertemuan ini tenutnya akan membahasa berbagai macam hal yang cukup menjadi perhatian dalam dunia keuangan secara global. Setiap pembahasan akan dilakukan dalam bentuk seminar dan forum. Seminar-seminar ini dirancang untuk mendorong dialog kreatif di antara sektor swasta, delegasi pemerintah, dan pejabat senior IMF dan Bank Dunia.

Di tahun ini, pembahasan masih mengenai tentang program pembangunan sumber daya manusia dan juga keuangan secara global. Tetapi, topik yang cukup menyedot perhatian adalah The Bali Fintech Agenda.

Di seminar ini akan dibahas mengenai apa saja dampak dari pertumbuhan industri fintech yang ada saat ini secara global. Dalam sesi ini juga hadir Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, sebagai salah satu narasumber di dalam sesi ini.

Selain Sri Mulyani, beberapa tokoh penting dunia lainnya juga akan hadir dalam acara ini. Tercatat nama-nama besar di dalam dunia industri saat ini seperti pendiri perusahaan Alibaba, Jack Ma serta Bill Gates akan hadir dalam acara ini.

CEO dari Qareer Group Asia, Veronika Linardi, juga dijadwalkan hadir dalam salah satu sesi dalam acara Annual Meetings. Dengan adanya acara ini, tentunya kita berharap agar kegiatan perkonomian dunia bisa menjadi lebih baik melalui resolusi yang nantinya akan dibuat sebagai kesimpulan dari keseluruhan Annual Meetings ini. -Qerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next