Cara Menyiapkan Pernikahan Bagi Pekerja Sibuk | Qerja

Strategi Mempersiapkan Pernikahan Buat Anda yang Sibuk Kerja

Eka Utami, 1 year ago
Strategi Mempersiapkan Pernikahan Buat Anda yang Sibuk Kerja

Setiap orang memimpikan pernikahan yang berkesan. Setelah bertunangan, calon mempelai sibuk mempersiapkan acara besar tersebut, mulai dari mengurus surat-surat di kantor urusan agama, mengukur gaun pengantin, hingga memastikan menu katering.

Tetapi, sederet agenda persiapan pernikahan terkadang bisa mengganggu rutinitas pekerjaan karyawan di kantor. Apalagi, jika Anda sedang terlibat dalam sebuah proyek besar. Untuk itu, Anda harus punya strategi untuk mempersiapkan pernikahan meski sibuk kerja.

Membagi Waktu

Siapkan waktu khusus di saat Anda bisa berkonsentrasi penuh untuk pernikahan di sela kesibukan kerja. Misalnya, saat jam makan siang, di sela istirahat pagi atau sore, atau setelah pulang kantor. Anda bisa mempertimbangkan untuk datang lebih cepat ke kantor agar bisa merencanakan pernikahan sebelum jam kerja dimulai. Buat Anda yang berangkat ke kantor dengan menggunakan kendaraan umum, maka bisa menyelesaikan beberapa hal dalam daftar perencanaan saat di perjalanan.

Anda harus disiplin pada pembagian waktu tersebut. Jangan sampai Anda kedapatan membuka situs terkait pernikahan menjelang deadline pekerjaan.

Meminta Bantuan

Strategi Mempersiapkan Pernikahan Buat Anda yang Sibuk Kerja
Sumber: Fancycrave.com

Mungkin, Anda dan pasangan sudah berbagi tugas perencanaan pernikahan. Tetapi, Anda juga bisa meminta bantuan rekan kerja untuk ikut menjadi panitia. Misalnya, Anda membutuhkan pertolongan beberapa teman untuk menjadi penyambut tamu pada hari pernikahan. Dengan mengajak beberapa orang untuk terlibat dalam acara, maka Anda bisa mendelegasikan pekerjaan terkait pernikahan.

Pilihlah teman terdekat yang mau diajak untuk membantu mempersiapkan pernikahan Anda secara sukarela. Pastikan rencana pernikahan Anda tidak mengganggu kesibukan pekerjaan mereka. Salah satu bentuk apresiasi yang bisa Anda berikan untuk mereka adalah baju seragam panitia pernikahan.

Menyusun Prioritas Tugas Perencanaan Pernikahan

Strategi Mempersiapkan Pernikahan Buat Anda yang Sibuk Kerja
Sumber: Fancycrave.com

Anda bisa membuat daftar prioritas pekerjaan yang harus dilakukan terkait rencana pernikahan. Tugas-tugas yang sudah diurutkan tersebut kemudian disusun dalam satu garis timeline sesuai tingkat kepentingannya.

Beberapa hal yang harus diletakkan pada daftar pertama antara lain memilih dan booking tempat resepsi, membuat atau menyewa pakaian pernikahan, dan pemotretan pre-wedding. Dengan menyusun daftar prioritas tersebut, Anda juga memiliki gambaran anggaran persiapan pernikahan.

Baca Juga: Etika Mengundang Rekan Kerja ke Acara Pernikahan

Menyusun Jadwal Perencanaan Pernikahan

Sekarang, Anda bisa menyesuaikan daftar tugas prioritas dengan waktu yang sudah dialokasikan untuk mengurus pernikahan. Misalnya, jika pada hari Senin yang sibuk, Anda hanya punya waktu perencanaan pernikahan pada jam makan siang, maka lakukan pekerjaan ringan seperti mengecek penyedia layanan katering atau fotografer di dunia maya.

Sementara kunjungan ke vendor pernikahan harus dilakukan pada akhir pekan. Adapun untuk pengurusan surat-surat pernikahan, mungkin Anda harus mengambil cuti dari rutinitas kerja.

Meski sudah menyusun strategi pernikahan dengan rapi, tetapi Anda bisa saja menemukan kendala di tengah jalan. Ada kalanya Anda sibuk karena pekerjaan menumpuk, sementara di waktu senggang harus dihabiskan untuk mengurus pernikahan. Hal ini bisa membuat Anda kelelahan. Maka, pada saat tertentu, Anda harus lebih santai sehingga tidak stres.

Merencanakan pernikahan memang penting, tetapi pekerjaan adalah kewajiban utama. Buatlah proses perencanaan pernikahan menyenangkan, jangan dianggap menjadi beban. –Qerja

Baca Juga: Aturan Larangan Pernikahan dengan Teman Sekantor Digugat



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next